Pages

Thursday 5 June 2014

Cara Mencari Kecepatan


Bagikan :




Kecepatan. Kecepatan merupakan jarak yang ditempuh dibagi dengan waktu tempuh. Istilah kecepatan sering kita temukan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya kecepatan mobil 80 km/jam, pelari itu berlari dengan kecepatan 10m/detik, dan lain sebagainya. Dapat disimpulkan bahwa pada kecepatan satuan waktu membagi satuan panjang. Alat pengukur kecepatan pada kendaraan bermotor disebut speometer. Biasanya satuan jarak yang digunakan adalah kilometer (km), dan meter (m). Satuan waktu yang umum digunakan adalah jam, menit, dan detik. Hubungan antar satuan waktu seperti ditunjukan di seperti ini : 1 Jam → 60 menit →3.600. Secara umum rumus kecepatan dapat dituliskan sebagai berikut.

Mencari Kecepatan :
Kecepatan =  
Jarak
Waktu
Perhatikan contoh soal mencari kecepatan di bawah ini.

Contoh Soal :
Sebuah mobil berangkat dari kota C pada pukul 10.00. Mobil tersebut tiba di kota D pukul 10.45. Jika jarak kota C dan kota D 60 km, kecepatan rata-rata mobil tersebut adalah...km/jam.

Pembahasan :
Jarak = 60 km, waktu = 10.45 - 10.00 = 45 menit = 3/4 jam atau 0,75 jam, ditanyakan kecepatan.
Kecepatan =  
Jarak
 =  
60
 = 80 km/jam  
Waktu0,75
Jadi kecepatan rata-rata mobil adalah 80 km/jam.

Untuk mencari kecepatan dapat menggunakan kalkulator sederhana di bawah ini. Catatan : kalkulator iniberdasarkan kecepatan km/jam, jadi rubah terlebih dahulu jarak menjadi km, dan waktu menjadi jam


Masukan Nilai Jarak, dan Waktu
Jarak   : Km
Waktu : Jam

Kec. :→km/jam→m/menit→m/detik
Mencari Jarak :
Jarak = Kecepatan x Waktu

Contoh Soal :
Sebuah truk berangkat dari kota D pukul 08.00 dan tiba dikota E pukul 10.15. Jika kecepatan rata-rata truk tersebut 80 km/jam. Berapa km jarak antara kota D dan Kota E ?

Pembahasan :
Waktu = 10.15 - 10.00 = 2,25 jam, Kecepatan = 80 km/jam, ditanyakan jarak.
Jarak = Kecepatan x waktu = 80 x 2,25 = 180 km
Jadi jarak antara kota D dan kota E adalah 180 km.

Untuk mencari jarak dapat menggunakan kalkulator sederhana di bawah ini. Catatan : kalkulator ini berdasarkan kecepatan km/jam, jadi rubah terlebih dahulu jarak menjadi km, dan waktu menjadi jam. Untuk menuliskan koma (,) gunakan tanda titik (.).


Masukan Kecepatan, dan Waktu
Kecepatan : Km
Waktu       : Jam

Jarak :→km→m
Mencari Waktu
Waktu =  
Jarak
Kecepatan

Contoh Soal :
Jarak yang akan ditempuh pada acara jalan sehat 2,4 km. Kecepatan rata-rata orang berjalan 4 km/jam. Jika peserta jalan sehat diberangkatkan pukul 08.00, sampai di tujuan pada pukul...

Pembahasan :
Jarak = 2,4 km, kecepatan = 4 km/jam. ditanyakan waktu.
Waktu =  
Jarak
 =  
2,4
 = 0,6 jam 
Kecepatan4
0,6 jam dijadikan menit = 0,6 x 60 menit = 36 menit. Jadi peserta jalan sehat akan tiba di tujuan pada pukul 08.00 + 36 menit = pukul 08.36.

Untuk mencari waktu dapat menggunakan kalkulator sederhana di bawah ini. Catatan : kalkulator ini berdasarkan kecepatan km/jam, jadi rubah terlebih dahulu jarak menjadi km, dan waktu menjadi jam. Untuk menuliskan koma (,) gunakan tanda titik (.).


Masukan Jarak, dan Kecepatan
Jarak         : Km
Waktu       : Jam

Waktu :→jam→menit

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Thursday, June 05, 2014

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment