Pages

Tuesday 10 April 2012

Kenampakan Alam Benua Afrika


Bagikan :




A Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Luas Benua Afrika lebih dari 30 juta km2. Wilayah di bagian utara lebih lebar dibanding bagian tengah dan selatan. Benua Afrika terletak di sebelah selatan Benua Eropa dan Asia. Semenanjung Sinai dan Laut Merah memisahkan Benua Afrika dan Asia. Di semenanjung ini terdapat Terusan Suez.

Kenampakan Alam
Wilayah di bagian utara dan barat Benua Afrika berupa dataran rendah. Wilayah di bagian selatan dan timur Benua Afrika berupa dataran tinggi. Daerah dataran tinggi berlereng curam dan sering berdekatan dengan pantai. Keadaan ini menyebabkan dataran pantainya sempit.
Bentang alam di Benua Afrika meliputi sebagai berikut:


Gunung/Pegunungan, Pegunungan Atlas (Maroko-Aljazair), Pegunungan Mitumba (Rep. Demokrasi Kongo), Pegunungan Drakensberg (Afrika Selatan), Gunung Kilimanjaro (5.895 m) di Tanzania, tertinggi di Afrika. Gunung Ruwen zori (Rep. Demokrasi Kongo)
Dataran Tinggi/Plato dan Gurun, Plato Etiopia (Etiopia), Plato Du Taimait (Aljazair), Gurun Sahara (terluas di dunia), membentang di wilayah Mauritania, Mali, Niger, Chad, dan Sudan. Gurun Kalahari (Botswana), Gurun Namib (Namibia), Gurun Libia (Libia), Gurun Arabia (Mesir)

Danau, Danau Nyasa (Mozambik,Tanzania dan Malawi), Danau Tanganyika (Tanzania, Zambia, Rep. Demokrasi Kongo, dan Burundi), Danau Victoria (Tanzania, Uganda, dan Kenya), Danau Chad (Chad, Niger, dan Nigeria), Danau Nasser (Mesir)
 
Sungai Sungai Nil (6.671 km) di Mesir dan Sudan, terpanjang di dunia. Sungai Kongo/Zaire (Rep.Demokrasi Kongo dan Kongo), Sungai Niger (Nigeria, Niger, dan Mali), Sungai Zambezi (Mozambik), Sungai Orange (AfrikaSelatan dan Namibia)
 
Iklim, Sebagian besar wilayah Benua Afrika berada di sekitar khatulistiwa sehingga beriklim tropis dan subtropis. Di daerah gurun beriklim gurun.
Penduduk, Penduduk di Benua Afrika terdiri atas bangsa Negro (penduduk asli),Hamit, Semit, Eropa, dan orang kerdil (Bushmen, Hotentot, dan Pygmi).
Kenampakan buatan terkenal di Benua Afrika : Bendungan Raksasa Karibia, Piramida dan Sphink di Mesir, dan Terusan Suez di Mesir.

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Tuesday, April 10, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment