Pages

Wednesday 22 October 2014

Bentang Alam dan Penduduk Benua


Bagikan :




Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Tiap Benua. Bumi merupakan satu-satunya planet yang ditempati makhluk hidup. Bumi terdiri atas dua bagian utama, yaitu daratan dan lautan. Selain itu, bumi juga terbagi atas belahan bumi utara dan selatan serta belahan bumi barat dan timur. Perbedaan letak lintang berpengaruh pada keadaan alamnya. Setiap benua memiliki karakteristik alam yang berbeda-beda. Hal itu berpengaruh pada karakteristik penduduknya. Bumi terbagi menjadi 7 benua, yaitu Asia, Afrika, Eropa, AMerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, dan Australia. Berikut bentuk bentang alam dan penduduk masing-masing benua.
a. Benua Asia
1) Bentang Alam
Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luas Benua Asia sekitar 43.998.920 km². Luas ini hampir sama dengan 4 1/2 kali luas Benua Eropa atau 22 kali luas Indonesia. Negara yang paling luas di Asia adalah Cina (9.596.961 km²) dan yang terkecil adalah Singapura (683 km²). Benua Asia memiliki iklim yang sangat beragam. Iklim yang beragam tersebut disebabkan oleh wilayah Asia yang sangat luas, topografinya beraneka ragam, dan akibat pengaruh letak daratan terhadap samudra.
No.
Bentang Alam
Nama Bentang Alam
1.
Sungai
Sungai Ob, Yen Sei, Huang Ho, dan Yangtse (Cina), Sungai Indus dan Gangga (India)
2.
Pegunungan
Pegunungan Himalaya dengan puncak tertingginya, yaituh mount Everest(8.848 m), Pegunungan Hindukush (Afganistan dan Pakistan) serta, Pegunungan Kunlun di Cina, Pegunungan Bukit Barisan dan Pegunungan Jaya Wijaya di Indonesia, Pegunungan Sulaiman di Afghanistan, dan Pegunungan Ghat di India
3.
Dataran Tinggi
Dataran Tinggi Tibet di bagian Barat Daya Cina, Dataran Tinggi Dekkan di India, Dataran Tinggi Anatolli di Turki (Asia Barat), Dataran Tinggi Mongolia di Asia Tengah, Dataran Tinggi Afghanistan, dan Dataran Tinggi Siberia di bagian Utara Asia.
4.
Gurun Pasir
Gurun Gobi – di RRC dan selatan Mongolia,Gurun Taklamakan – di China, Gurun Ordos – di China, Gurun Kara Kum – di Asia Tengah
Gurun Kyzyl Kum – di Kazakhstan dan Uzbekistan, Gurun Thar- di India, Gurun Cholistan – Pakistan, Gurun Dasht-e Lut - di Iran, Gurun Dasht-e Kavir – di Iran
5.
Teluk
Teluk Benggala, Oman, Aden, dan Siam, Teluk Persia
2) Penduduk
Benua Asia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar.Penduduk terbesar di dunia terdapat di Benua Asia, yaitu di negara Cina. Penduduk Asia terdiri atas berbagai suku bangsa. Suku bangsa yang ada di Asia sebagai berikut.
  • Bangsa Mongoloid terdiri atas negara Cina, Jepang, Mongolia, Korea, Tibet, Manchuria, Kirgis, Myanmar, Thailand, dan Indo-Cina.
  • Bangsa Melayu meliputi negara Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darussalam.
  • Bangsa Dravida meliputi negara Sri Lanka, India, Bangladesh, dan Pakistan.
  • Bangsa Kaukasoid meliputi negara Arab, Iran, Yahudi, dan Armenia.
b. Benua Afrika
1) Bentang Alam
Benua Afrika adalah benua terbesar ketiga yang ada di belahan selatan bumi. Luasnya sekitar 30.244.050 km². Luas ini meliputi kira-kira seperlima dari permukaan bumi. Benua Afrika dengan Eropa dipisahkan oleh Selat Gibraltar, Laut Tengah, dan Laut Merah. Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yang memiliki lebar 130 km.
No.
Bentang Alam
Nama Bentang Alam
1.
Sungai
Sungai Nil (6.400 km). Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang melewati negara Sudan dan Mesir. Zambesi, Kongo, Niger, dan Orange
2.
Gunung
Gunung Kilimanjaro (5.890 m) di Tanzania, Gunung Kamerun (4.070 m) di Kamerun, Gunung Margherita (5.109 m) di Kongo, Gunung Kinyeti (3.187 m) di Sudan, Gunung Ras Dashen (4.629 m) di Ethiopia, dan Gunung Emi Koussi (3.415 m) di negara Chad
3.
Pegunungan
Pegunungan Atlas yang mementang di pantai barat laut Benua Afrika sampai Tunisia
4.
Gurun Pasir
Gurun Sahara yang merupakan gurun terluas di Benua Afrika, Gurun Libya yang terletak di Afrika Utara, Gurun Arab, dan Gurun Kalahari di Afrika Selatan.
5.
Danau
Danau Victoria, Tanganyika, Chad, dan Nasser
2) Penduduk
Jumlah penduduk yang mendiami Afrika diperkirakan lebih dari 800 juta. Jumlah ini menempatkannya pada posisi kedua dalam jumlah penduduk setelah Asia. Penduduk Afrika
identik dengan bangsa Negro yang berkulit hitam.Penduduk asli Afrika digolongkan sebagai berikut.
a) Ras Negroid
Penduduk asli Afrika adalah orang Negro. Jumlahnya sekitar 63% dari penduduk Afrika. Ciri-ciri orang Negro adalah berkulit hitam dan berambut keriting. Orang Negro dibedakan menjadi dua, yaitu Negro Sudan dan Negro Bantu.
b) Ras Kaukasoid-Hamit
Kelompok ini termasuk bangsa kulit putih. Mereka dibagi lagi menjadi bangsa Hamit, Semit, dan Eropa.Bangsa Hamit terdiri atas bangsa Berber (tinggal di sekitarPegunungan Atlas), bangsa Mesir (tinggal di Mesir), bangsa Taureg (tinggal di Sahara Barat), dan bangsa Fulba (tinggal di Sudan). Bangsa Semit dibedakan menjadi dua, yaitubangsa Arab atau Moer (tinggal di pantai utara dan timur Afrika) dan bangsa Yahudi (tinggal di kota-kota Afrika Utara). Bangsa Eropa terdiri atas bangsa Jerman, Inggris, Belanda, Italia, Spanyol, dan Belgia.
c) Orang Kerdil (Etnik Khusus)
Orang kerdil terbagi lagi menjadi beberapa kelompok, yaitu Bushmen di sekitar Gurun Kalahari, Hottento di Afrika Barat Daya dan Pigmi yang tinggal di pedalaman Kongo.  

c. Benua Eropa
1) Bentang Alam
Benua Eropa memiliki luas sekitar 9.699.550 km². Bentang alam Eropa cukup bervariasi. Kenampakan alamnya memberikan panorama yang indah. Secara garis besar bentang alamnya dibedakan menjadi dataran tinggi bagian barat laut, dataran rendah bagian tengah, dataran tinggi bagian tengah, dan daerah Pegunungan Alpen.
No.
Bentang Alam
Nama Bentang Alam
1.
Sungai
Sungai Volga (3.685 km) di Rusia, Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Eropa, Sungai Donou yang mengalir di Jerman, Austria, Ceko, Hongaria, Yugoslavia, Bulgaria, Rusia, dan Rumania. Sungai Rheine di Swiss dan Prancis.  
2.
Gunung
Gunung Elbruz (5.643 m) di Georgia, Gunung Etna (3.274 m) di Italia, Gunung Ollympus (2.985 m) di Yunani, Gunung Mount Blanc (4.810 m) di Prancis, dan Gunung Grossglockner di Austria.
3.
Pegunungan
Pegunungan Alpen di Swiss, Pegunungan Ural di perbatasan Eropa dan Asia, Pegunungan Balkan di Bulgaria, Pegunungan Skandinavia di Swedia, dan Pegunungan Pyrenea di perbatasan Spanyol dan Prancis.
2) Penduduk
Persebaran penduduk Eropa cukup merata di tiap negara. Suku bangsa yang ada di Eropa sebagai berikut.
  • Bangsa Jermania, yaitu orang-orang Jerman, Belanda, Inggris, Denmark, dan Skandinavia.
  • Bangsa Slavia, yaitu orang-orang Rusia, Polandia, dan Cekoslovakia.
  • Bangsa Rumania, yaitu orang-orang Prancis, Spanyol, Portugis, dan Italia.
  • Bangsa-bangsa lain, yaitu Yahudi, Mongolia, dan Turki.
d. Benua Amerika Utara
1) Bentang Alam
Wilayah Amerika Utara merupakan wilayah yang berupa pulau dan kepulauan. Sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi dan plato, misalnya Dataran Tinggi Laurentia dan Plato Yukon. Dataran Tinggi Laurentia sangat luas sehingga disebut Perisai Kanada yang membentang di wilayah timur laut Kanada. Wilayah tersebut kaya endapan besi, nikel, tembaga, dan logam.
No.
Bentang Alam
Nama Bentang Alam
1.
Sungai
Sungai Mississippi  di Amerika Serikat-Meksiko dan Sungai Colorado yang melintas di Amerika Serikat. Sungai Arkansas, Rio Grande del Norre, dan Sungai Ohio. 
2.
Gunung
Gunung Mc Kinley (6.194 m) di Alaska, Gunung Pico de Orizaba (5.700 m) di Meksiko, serta Gunung Hoggin (3.233 m) dan Gunung Whitney (4.418 m) di Amerika Serikat.
3.
Pegunungan
Pegunungan Rocky sepanjang 4.800 km dari Alaska sampai Meksiko. Di bagian timur Amerika Utara terdapat Pegunungan Appala. Di Kanada terdapat Pegunungan Mackenzie, di Amerika Serikat terdapat Pegunungan Sierra Nevada dan Pegunungan Allegheny. Di Meksiko terdapat Pegunungan Sierra Madre Barat dan Sierra Madre Timur, antara Amerika Serikat dan Kanada membentang Pegunungan Appalachia.
4.
Danau
Danau Beruang Besar (Great Bear Lake), Danau Budak Besar (Great Slave Lake), dan Danau Athabasca di Kanada. Di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat terdapat Great Lake yang terdiri atas lima danau besar, yaitu Danau Superior, Michigan, Huron, Ontario, dan Erie.Danau Garam Besar (Great Salt Lake) Danau Managua dan Danau Nikaragua terdapat di negara Nikaragua.
2) Penduduk
Di Amerika Utara terdapat tiga suku utama, yaitu orang kulit putih, Mestizo, dan kulit hitam. Kelompok minoritas adalah dari suku Indian dan Asia. Penduduk asli Amerika Utara adalah bangsa Eskimo dan suku Indian. Bangsa Eskimo menempati Kanada bagian utara. Bangsa Indian mereka ditempatkan di suatu daerah yang disebut Indian Reservation. Di Amerika diperkirakan terdapat 562 suku Indian. Beberapa suku Indian yang sangat terkenal antara lain suku Cheyenne, Comanche, dan Sioux yang hidup di Great Plains. Suku lainnya adalah suku Apache, Navajo, dan Pueblo yang tinggal di daerah barat daya. Di daerah timur terdapat suku Cherokee, Iroquois, dan Huron.

e. Benua Amerika Selatan
1) Bentang Alam
Jika kamu melihat peta, terlihat di sebelah timur Amerika Selatan berupa deretan pegunungan. Pegunungan Andes membentang dari ujung utara Venezuela dan Kolombia sampai ujung selatan Argentina dan Cile. Selain itu, juga terdapat Pegunungan Guyana dan Espinhaco. Di Brasil terdapat Pegunungan Mato Grosso. Gunung tertinggi di Amerika Selatan adalah Gunung Aconcagua dengan ketinggian sekitar 6.960 m. Sungai Amazone (6.518 km) yang melintasi negara Brasil, Kolombia, Peru, Bolivia, Ekuado . Sungai Orinoko di Venezuela, Sungai Parana di Brasil, dan Sungai Colorado di Argentina.
2. Penduduk
Di Amerika Selatan bangsa Indian menempati sepanjang Pegunungan Andes dan Brasilia. Penduduk pendatang Amerika berasal dari Afrika, Inggris, dan Prancis. Bangsa Mulato merupakan keturunan Negro dengan kulit putih yang tinggal di Brasil dan Hindia Barat. Bangsa Mestizo merupakan percampuran antara bangsa Indian dengan kulit putih. Mereka adalah penduduk suku terbesar di negara Cile, Paraguay, Venezuela, Kolombia, dan Ekuador. Bangsa Kreol merupakan keturunan bangsa Prancis dengan Spanyol. Mereka terdapat di Guyana Prancis, Guyana, Venezuela, Suriname, Kolombia, Peru, dan Ekuador. Suriname adalah satu-satunya negara di Amerika Selatan yang mayoritas penduduknya berasal dari Asia.

f. Benua Antartika
1) Bentang Alam
Benua Antartika merupakan benua yang ditemukan terakhir. Pada tahun 1773 Kapten James Cook yang berasal dari Inggris merupakan orang pertama yang melewati lingkaran Antartika. Benua Antartika baru ditemukan pada tahun 1820. Ada tiga orang dari tiga negara yang mengklaimnya. Mereka adalah Fabian von Bellingshausen dari Rusia, Edward Bransfield dari Britania Raya, dan Nathaniel Palmer dari Amerika Serikat. Pada tahun 1911 Roald Amundsen dari Norwegia adalah orang pertama yang mencapai Kutub Selatan. Roald Amundsen memulai perjalanannya pada tanggal 19 Oktober 1911 dan sampai di Kutub Selatan pada tanggal 14 Desember 1911. 

Antartika terdiri dua wilayah utama, yaitu Antartika timur (Antartika Besar) dan Antartika kecil di sebelah barat (Antartika Lesser). Antartika barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Lebih dari 99% wilayah Antartika tertutup es yang mengandung sekitar 70% dari air tawar di dunia. Es yang tebal menutupi daerah-daerah tinggi dari Antartika dengan ketinggian sekitar 2.300 m. Titik tertinggi adalah Vinson Massif (4.897 m) dan titik terendah adalah Palung Bently Subglacial (2.538 m di bawah permukaan laut) yang terletak di Antartika barat. Antartika memiliki kandungan sumber daya alam cukup melimpah. Bahan tambang yang terdapat di Antartika antara lain emas, perak, besi, kromium, minyak bumi, gas alam, uranium, titanium, dan batu bara. Walaupun di Antartika terdapat banyak bahan tambang, saat ini upaya penambangan belum dilakukan. Kondisi alam di Antartika tidak memungkinkan untuk melakukan penambangan.

2) Penduduk
Antartika sering dikunjungi orang terutama oleh para peneliti. Walaupun tidak ada pemukim tetap, tiga puluh negara yang menandatangani traktat Antartika memiliki stasiun riset yang umumnya selalu digunakan untuk penelitian. Banyak yang menganggap bahwa manusia pertama yang dilahirkan di Antartika adalah Solveig Gunbjorg Jacobsen, tepatnya di Grytviken, Pulau Georgia selatan pada tanggal 8 Oktober 1913. Akan tetapi, dikarenakan pulau ini tidak dianggap sebagai bagian dari Benua Antartika, Emilio Marcos Palma (lahir 7 Januari 1978) sampai sekarang adalah orang pertama yang lahir di Benua Antartika. Ia adalah seorang warga negara Argentina yang lahir di stasiun Esperanza.

g. Benua Australia
1) Bentang Alam
Benua Australia merupakan benua terkecil. Luas Benua Australia adalah 7.682.300 km². Wilayah ini dikelilingi oleh Samudra Hindia di sebelah selatan dan barat serta Samudra Pasifik di sebelah timur. Australia berbatasan dengan wilayah Indonesia dan dipisahkan oleh Laut Timor. 
No.
Bentang Alam
Nama Bentang Alam
1.
Sungai
Sungai Dawson di Queensland, Sungai Darling di New South Wales, Sungai Fritzroy di Australia Barat, dan Sungai Victoria di Australia Utara
2.
Gunung
Gunung Brockman (1.114 m), Gunung Bruce (1.235 m), Gunung Ziel (1.510 m), Gunung Kosciusko (2.230 m), dan Gunung Round (1.615 m)
3.
Pegunungan
Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing) yang membujur di Australia bagian timur, Pegunungan Hamersley di Australia Barat, dan Pegunungan Mc. Donal di Australia Utara
4.
Gurun Pasir
Gurun Gibson di Australia Barat, Gurun Victoria yang membentang dari Australia Barat hingga Australia Selatan, Gurun Tanami di Australia Utara, dan Gurun Pasir Besar di Australia Barat.
5.
Danau
Danau Eyre, Gairdner, dan Torrons di Australia Selatan, Danau Carnegic dan Danau Barlec di Australia Barat, serta Danau Mackay di perbatasan Australia Barat dan Australia Utara
2) Penduduk
Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin. Ciri-ciri penduduk Aborigin adalah berkulit hitam, rambut keriting, bibir tebal, dan kelopak mata lurus. Diperkirakan suku Aborigin telah menetap di Australia sejak 60.000 tahun lalu. Jumlah penduduk Aborigin sangat kecil jika dibandingkan dengan para pendatang. Pada tahun 1770 Kapten Cook menyatakan hak Kerajaan Inggris atas Benua Australia. Para pendatang pertama Inggris tiba pada tanggal 26 Januari 1788. Mereka umumnya adalah para tahanan yang dihukum atas kejahatan yang mereka lakukan, pelaut, dan tentara.  

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Wednesday, October 22, 2014

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment