Pages

Saturday, 18 October 2014

Kisi-kisi Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SD 2014


Bagikan :




Kisi-kisi US Bahasa Indonesia 2013/2014. Ujian Sekolah tahun ajaran 2013/2014 sudah
dekat. Pada tahun sebelumnya (2012/2013), ujian akhir Sekolah Dasar (SD) terdiri dari Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) SD. Mulai tahun depan (2013/2014), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meringkas pelaksanaan ujian kelulusan SD dengan menghapus UN SD. Ujian akhir yang diterapkan di SD hanya Ujian Sekolah atau Ujian Madrasah untuk jenis Madrasah Ibtidaiyah. Walaupun UN dihapus, untuk pembuatan soal ujian masih ditentukan secara nasional oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Hanya dalam muatan materi soal komposisi tetap menganut sistem 25 persen bahan dari pusat dan 75 persen dibuat masing-masing daerah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 97 tahun 2013 tentang Kriteria Kelulusan dan Penyelenggaraan UN Tahun 2014. Pada Bab VII Pasal 22 (4), disebutkan bahwa kisi-kisi soal UN tahun 2013/2014 mengikuti atau sama dengan kisi-kisi soal UN tahun 2012/2013.
Pasal 22
  • (1) Kisi-kisi soal Ujian S/M/PK disusun berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 
  • (2) Kisi-kisi soal UN disusun berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sebagaimana tercantum dalam lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 Tahun 2007 tentang Standar Isi untuk Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C.
  • (3) Kisi-kisi soal Ujian S/M/PK sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disusun dan ditetapkan oleh satuan pendidikan.
  • (4) Kisi-kisi soal UN sebagaimana dimaksud pada ayat (2) menggunakan kisi-kisi soal UN tahun pelajaran 2012/2013 sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan BSNP Nomor 0019/P/BSNP/XI/2012.
Berikut ini kisi-kisi Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia :
Kompetensi Indikator
1. Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan,
makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya
sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
  • menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,bagaimana, atau mengapa) 
  • membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf 
  • menentukan ide pokok salah satu paragraf 
  • menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak,siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:
  • menentukan tokoh utama 
  • menentukan latar 
  • menentukan amanatnya.
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
  • menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf 
  • mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat. 
  • Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
Disajikan jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa dapat:
  • membuat pernyataan sesuai dengan isi jadwal 
  • menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
  • menentukan isinya 
  • memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
  • menentukan ringkasannya 
  • menentukan temanya 
  • menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
  • menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi 
  • menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
2. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan
pantun
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
  • Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu. 
  • Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat. 
  • Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
  • melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat 
  • memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.
Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Saturday, October 18, 2014

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment