Pages

Friday 31 August 2012

Satuan Panjang


Bagikan :




Sistem Satuan Internasional (nama aslinya dalam bahasa Perancis: Système International d'Unités atau SI) adalah sistem satuan atau besaran yang paling umum digunakan. Pada awalnya sistem ini merupakan sistem MKS, yaitu panjang (meter), massa (kilogram), dan waktu (detik/sekon). Sistem SI ini secara resmi digunakan di semua negara di dunia kecuali Amerika Serikat (yang menggunakan Sistem Imperial), Liberia, dan Myanmar. Dalam sistem SI terdapat 7 satuan dasar/pokok SI dan 2 satuan tanpa dimensi. Selain itu, dalam sistem SI terdapat standar awalan-awalan (prefix) yang dapat digunakan untuk penggandaan atau menurunkan satuan-satuan yang lain.


Tujuh satuan dasar dalam Satuan internasional adalah sebagai berikut : Panjang, Massa, Waktu, Suhu , Arus listrik, Intensitas cahaya, Jumlah molekul. Satuan panjang merupakan satuan yang sering digunakan untuk mengukur jarak. Panjang adalah ukuran suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi, yaitu jarak vertikal, serta lebar, yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang satu dengan yang lain sisi satu ke sisi yang lain, diukur pada sudut tegak lurus tegak lurus terhadap panjang benda. Dalam ilmu fisika dan teknik, kata "panjang" biasanya digunakan secara sinonim dengan "jarak", dengan simbol "l" atau "L" (singkatan dari bahasa Inggris length).

Satuan panjang yang sering digunakan adalah milimeter (mm), centimeter (cm), desimeter (dm), dekameter (dam), hektometer (hm), dan kilometer (km). Hubungan antar satuan panjang dapat digambarkan sebagai berikut : setiap naik satu tingkat dibagi 10, dan setiap turun satu tingkat dikalikan 10. Misal 100 cm = 10 desimeter = 1 meter = 0,1 dekameter = 0,01 hektometer = 0,001 kilometer.

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Friday, August 31, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment