Pages

Friday 6 April 2012

Cara Membuat Media Pembelajaran dengan Macromedia Dreamweaver 8


Bagikan :




M enurut saya ini cara termudah dan gratis untuk membuat media pembelajaran interaktif untuk kegiatan belajar mengajar di kelas anda. Semoga dapat lebih mengefektifkan kegiatan belajar mengajar di sekolah anda. Selama kita mau mencoba maka ada jalan untuk mencapai tujuan. Silahkan dicoba !
  1. Software Macromedia Dreamweaver 8  . Silahkan unduh Di Sini
  2. Template Website.  Silahkan pilih template yang anda inginkan , anda dapat unduh melalui link di bawah ini :
Bahan Ajar Interaktif yang  saya buat untuk materi lingkaran kelas V SD yang terdiri dari :
  • Definisi Sudut.
  • Hubungan Susudt dan Keliling
  • Luas Juring
  • Panjang Busur
  • Sifat-sifat Keliling Lingkaran
  • Simulasi, dan
  • Soal Latihan
Langkah-langkah membuat Bahan Ajar Interaktif
  • Silahkan Install Macromedia Dreamweaver 8
  • Buka Macromedia Dreamweaver 8, maka akan tampil preview IDE (Integrated Development Environment) sebagai berikut :
  • Kemudian  pilih menu File Open, silahkan pilih file index. html dari Template Website yang sudah Anda Unduh.
Header :
Adalah tempat Judul Bahan Ajar interaktif yang biasanya dipakai untuk Judul Website, berada diposisi teratas dari webpage, dalam hal ini kita pakai untuk Media Pembelajaran Interaktif.


Menu :
Menu Adalah Navigator dari Content layout, berisikan link informasi sebuah  Bahan Ajar Interaktif. Pada kesempatan ini, layout menu dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan pemilik seperti : Pokok Bahasan yang terdiri dari Materi Pelajaran Kelas 5 SD dsb.


Content
Adalah tempat utama dari Materi Pelajaran Bahan Ajar Interaktif, berisikan content dari informasi utama yang dapat dinavigasi melalui menu (hyperlink) pada bagian menu. Untuk tahap awal membuat dalam membuat Bahan Ajar ini, kita akan memasukkan link dari Bahan Ajar yang sudah kita unduh dari Pustekkom.


Footer
Footer hampir sama dengan header, namun yang membedakan adalah, posisi footer berada di bawah dari webpage. Dimana pada tutorial ini berisikan copyright pembuat / pemiliknya
Setelah Menu Bahan Ajar selesai kita ketik, maka selanjutnya kita link satu persatu menu tersebut, caranya blok Sistem Operasi pada menu bahan ajar, cari menu Link Page Properties, pilih Link, Pada menu Link pilih browse, pilih file Definisi Sudut.html,Hubungan Sudut dan Keliling.html, Luas Juring.html, Panjang Busur.html, Sifat-sifat Keliling Lingkaran.html, Simulasi.html, dan Soal Latihan.htmlpada folder Media pembelajaran dan seterusnya sampai selesai (satu-satu tentunya). Akhiri dengan File Save.(Catatan : Sebaiknya anda menggunakan Firefox). Silahkan uduh Di sini
Berikut ini saya berikan contoh Bahan Ajar   yang telah selesai saya  edit, Bahan Ajar berasal dari Pustekkom Depdiknas.  Bahan Ajar Interaktif tersebut dapat dieksekusi browser internet offline.  Silahkan unduh Di sini Atau silahkan anda coba contoh media pembelajaran yang saya buat di bawah ini :
Silahkan dicoba dan semoga berhasil !

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Friday, April 06, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment