Tuesday, April 10, 2012

Kenampakan Alam Benua Asia

B enua adalah daratan yang sangat luas. Pada awalnya bumi terbentuk seluruh benua merupakan satu daratan yang amat luas, belum terbagi-bagi oleh pergeseran kerak bumi. Ketujuh benua itu adalah Benua Asia, Benua Afrika, Benua Eropa, Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Benua Australia, dan Antartika. Benua-benua di bumi dikelilingi oleh samudra. Samudra itu adalah Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik, dan Samudra Selatan.


Sebagian orang menganggap bumi terdiri atas enam benua, bukan tujuh benua. Anggapan ini tidak salah. Mereka membagi bumi menjadi Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Eurasia, Australia (Oceania), dan Antartika. Eurasia adalah gabungan Benua Asia dan Eropa. Mereka juga ada yang membagi menjadi Benua Amerika, Asia, Eropa, Afrika, Australia (Oceania), dan Antartika. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dianggap satu, yaitu Benua Amerika. Sebagian besar benua masih saling berhubungan. Hanya Benua Australia dan Antartika yang benar-benar terpisah dari benua lain. Seluruh wilayah Benua Australia dan Antartika dikelilingi samudra. Benua Asia dan Afrika dihubungkan oleh Tanah Genting Suez. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dihubungkan oleh Tanah Genting Panama. Asia dan Eropa sebenarnya satu benua yang disebut Eurasia. Kedua benua terpisah karena alasan budaya dan sejarah.
Benua Asia
Asia merupakan benua terbesar dan berpopulasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil, Timur Tengah, hingga Samudera Pasifik. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia.
Kenampakan Alam
Pegunungan, di Asia bagian selatan terdapat deretan pengunungan, antara lain Pegunungan Himalaya (Cina, India, Nepal, dan Bhutan), Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Karakoram (Pakistan dan India), dan Pegunungan Kunlun (Cina). Gunung Everest (8.856 m) di Cina dan Nepal tertinggi di dunia.
Dataran Tinggi/Plato, Plato Tibet (Cina), Plato Iran (Iran), Dataran Tinggi Siberia (Rusia)
Dataran Rendah, Dataran Rendah Gangga (India dan Bangladesh), Dataran Rendah Tigris dan Eufrat (Irak), Dataran Rendah Cina (Cina), dan Dataran Rendah Siberia (Rusia)
Gurun, Gurun Gobi (Cina)
Danau, Danau/Laut Aral (Kazaktan dan Uzbekistan), Danau Balkhash (Kazakstan), Danau Baikal (Rusia)
Sungai, Sungai Ob-Irtysh (Rusia), Sungai Yenisai-Argana (Rusia), Sungai Lena (Rusia), Sungai Amur (Rusia dan Cina), Sungai Hoang Ho (Cina), Sungai Chang/Yang Tze (Cina), Sungai Xi (Cina), dan Sungai Sungai Gangga-Brahmaputra (India dan Bangladesh)
Iklim, Benua Asia memiliki perbedaan iklim yang tajam. Iklim sangat panas dan sangat dingin terdapat di wilayah Arktik. Iklim hujan deras karena ada pengaruh angin muson. Iklim sangat kering terdapat di cekungan atau basin Tarim.
Penduduk Wilayah Benua Asia dikuasai oleh banyak bangsa sebagai berikut: Arab, Jepang, Manchuria, Melayu, Mongolia, Persi, dan Tartar
Kenampakan Buatan yang terkenal di Asia : Taj Mahal (India), Candi Borobudur (Indonesia), Tembok Raksasa (Cina), dan Ka’bah (Arab Saudi)
 Pembagian Wilayah Benua Asia

Asia Tengah

  • Uzbekistan, Tajikistan, Turkimenistan, Kirgiztan, Kazakstan, Armenia,Russia, Azerbaijan.

Asia Timur

  • Kepulauan Samudra Pasifik Taiwan dan Jepang.
  • Korea Utara dan Korea Selatan di Semenanjung Korea.
  • Republik Rakyat Cina.

Asia Tenggara

  • Di daratan Asia Tenggara: Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam.
  • Di Kepulauan Asia Tenggara: Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia, Brunei dan Timor-Leste.
Asia Selatan
  • Negara-negara Himalaya: India, Pakistan, Nepal, Bhutan dan Bangladesh
  • Negara-negara Samudera Hindia: Sri Lanka dan Maladewa.
  • Julukan untuk negara India adalah : Anak benua Asia, Asia muka.

Asia Barat

Sering dipanggil dengan nama Timur Tengah meski istilah ini juga kadang digunakan untuk merujuk kepada negara-negara di Afrika Utara. Asia Barat dapat dibagi lagi kepada:
  • Negara pulau Siprus di Laut Tengah.
  • Levant atau Timur Dekat, yang termasuk Suriah, Yordania, Lebanon dan Irak.
  • Jazirah Arab, termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Qatar, Oman, Yaman dan kadang juga Kuwait.
  • Daerah Kaukasus, termasuk Azerbaijan dan Armenia.
  • Hamparan Iran, yang terdiri dari Iran dan bagian negara-negara lain.

0 comments:

Post a Comment