Pages

Monday 9 April 2012

Kenampakan Alam Benua Amerika Selatan dan Amerika Utara


Bagikan :




B enua Amerika Selatan terletak di selatan Benua Amerika Utara. Benua Amerika Selatan termasuk bagian belahan bumi barat. Panjang benua lebih dari 7.000 km dan lebarnya lebih dari 5.000 km.  Kenampakan Alam Benua Amerika Selatan Wilayah Benua Amerika Selatan dapat dibagi menjadi lima wilayah utama sebagai berikut:

Bagian Barat
Cordillera/Pegunungan/ Gunung Di bagian barat, diArgentina, terdapat Gunung Aconcagua (6.969 meter), tertinggi di Benua Amerika Selatan. Di bagian utara, Pegunungan Andes di Kolombia bercabang menjadi tiga, yaitu Cordillera Occidental, Central, dan Oriental. Sungai dan Danau, Sungai Magdalena-Causa (Kolombia),Danau Titicaca di perbatasan Peru dan Bolivia,terbesar di Benua Amerika Selatan.
Bagian Timur Laut
Dataran Rendah dan dataran tinggi, Dataran Rendah Amazon (Brasil),Dataran Rendah Orinoko (Venezuela)Dataran Tinggi Guiana (Guyana dan Venezuela). Sungai, Sungai Amazon (Brasil), Sungai Orinoko (Venezuela)
Bagian Timur
Dataran Tinggi Brasil (Brasil), Mato Grasso (Brasil)
Bagian Tenggara
Dataran Rendah lembah Sungai Parana dan Paraguay (Argentina dan Paraguay).
Bagian Selatan
Dataran Tinggi Patagonia (Argentina)
Iklim
Benua Amerika Selatan memiliki iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin.
Penduduk
Penduduk Amerika Selatan berasal dari bangsa Latin (Spanyol dan Portugis), Indian, Negro, serta bangsa campuran (Mestizo, Mulato, Zambo,dan Kreol)
Kenampakan Alam Benua Amerika Utara
Benua Amerika Utara adalah benua terbesar ketiga di dunia. Benua ini berada di belahan bumi barat. Wilayah Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dibatasi oleh Tanah Genting Panama .
Kenampakan Alam
Benua Amerika Utara dapat dibagi menjadi wilayah bagian barat, tengah, dan timur. Wilayah Bagian Barat Pegunungan Rocky ke barat.
Pegunungan, Pegunungan Rocky (Kanada dan Amerika Serikat), Pegunungan Pantai (Kanada dan Amerika Serikat), Pegunungan Cascade (Amerika Serikat), Pegunungan Sierra Nevada (Amerika Serikat), Pegunungan Madre Barat (Meksiko), Pegunungan Madre Timur (Meksiko)
LembahGreat Basin (Amerika Serikat)Lembah Kematian/Death Valley (–86 meter) di AmerikaSerikat, titik terendah di Benua Amerika Utara
Danau dan Sungai , Danau Garam Besar (Amerika Serikat, Sungai Kolorado (Amerika Serikat), Sunga Kolombia (Amerika Serikat dan Kanada) Sungai Yukon (Kanada)
Wilayah Bagian Timur, Wilayah bagian timur mencakup Pegunungan Appalachia ke timur.
Pegunungan dan Dataran RendahPegunungan Appalachia (Amerika Serikat)Dataran Pantai Atlantik (Amerika Serikat)
Wilayah Bagian Tengah mencakup wilayah antara Pegunungan Rocky dan Appalachia.
Dataran Tinggi dan Perbukitan, Great Plains (Kanada dan Amerika Serikat), Dataran Rendah, Interior Plain, Dataran Pantai Teluk Meksiko
Danau
Danau Superior (82.414 km ²) di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat, terbesar di Benua Amerika Utara, Danau Michigan (Amerika Serikat), Danau Huron (Kanada dan Amerika Serikat), Danau Ontario (Kanada dan Amerika Serikat), Danau Erie (Kanada dan Amerika Serikat)
Sungai
Sungai Mississipi  (6.020 km) di Amerika Serikat, terpanjang di Benua Amerika Utara, Sungai Missouri (Amerika Serikat), Sungai Arkansas (Amerika Serikat), Sungai Machenzie (Kanada), Sungai Nelson (Kanada), Sungai Rio Grande (Amerika Serikat), Sungai Saint Lawrence (Kanada),  Sungai Mackenzie (Kanada)
Iklim
Wilayah Benua Amerika Utara yang luas memiliki iklim tropis, subtropis, sedang, dingin, dan kontinental (benua).
Penduduk
Penduduk Amerika Utara terdiri atas bangsa Indian dan Eskimo (penduduk asli) serta penduduk dari bangsa Eropa.
Negara-negara Besar di Amerika Utara :
  • Kanada
  • Amerika Serikat
  • Meksiko
Kenampakan buatan terkenal di Amerika Utara : Terusan Panama di Mexico, Patung Liberty dia New York (Amerika Serikat), dan Gedung Putih ( White house) di Washington DC (Amerika Serikat).

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Monday, April 09, 2012

7 comments:

:)) :)} ;;) :D :(( :) :( :X =(( :-O :-/ :-* 8-} ~X(
:t b-( :-L x( =))

:)) :)} ;;) :D :(( :) :( :X =(( :-O :-/ :-* 8-} ~X(
:t b-( :-L x( =))

Thanks a lot, this blog help me to finish my project.

Izin gunakan infonya untuk tugas.

Izin ambil infox untuk tugas.

y silahkan tapi janganlupa sering berkunjung ke blog saya,heeeeeeeeeee

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment