SOAL TANYA JAWAB
1. Apa yang dimaksud dengan ketahanan sekolah ?
Suatu kondisi dinamis yang berisi kemampuan dan kenggulan dlalam menghadapi tantangan dan ham batan yang ntimbul dari dalam dan luar sekolah yang langsung atau tidak langsung mengganggu PBM dalam rangka membangun manusia Indonesia seutuhnya
2. Sebutkan tugas pokok guru menurut Menpan Nomor 84 tahun 1993 !
a. Melaksanakan penyusunan program pengajaran/RPP
b. Menyajikan program/pembelajaran
c. Melaksanakan evaluasi belajar
d. Melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar
e. Melaksanakan penyusunan program perbaikan dan pengayaan
f. Melaksanakan penyusunan program bimbingan dan penyuluhan
3. Sebutkan 5 kemampuan dasar professional guru !
a. Mampu menguasai kurikulum
b. Menguasai materi
c. Menguasai metode dan teknik evaluasi
d. Komitmen terhadap tugas
e. Disiplin dalam arti luas
4. Sebutkan 8 lingkup standar nasional pendidikan menurut pasal 2 PP nomor 19 tahun 2005 !
a. Standar Isi
b. Standar proses
c. Standar kompetensi kelulusan
d. Standar pendidik dan tenaga kependidikan
e. Standar sarana dan prasarana
f. Standar pengelolaan
g. Standar pembiayaan
h. Standar penilaian pendidikan
5. Sebutkan 4 kompetensi guru sebagai agen pembelajara
a. Kompetensi pedagogik
b. Kompetensi kepribadian
c. Kompetensi professional
d. Kompetensi sosial
6. Sebutkian 4 pilar belajar sebagai acuan dalam penyajian pengalaman belajar !
a. Learning to know (belajar untuk mengetahui)
b. Learning to be (belajar menjadi diri sendiri)
c. Learning to do (belajar melakukan0
d. Learning to life together (belajar hidup dalam kebersamaan)
7. Sebutkan ciri-ciri KBK !
a. Menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa
b. Berorientasi pada hasil belajar
c. Pendekatan dan metode bervariasi
d. Sumber belajar yang bervariasi
e. Penilaian pada proses dan hasil belajar
8. Sebutkan prinsip-prinsip pengembangan KBK !
a. Keimanan, nilai dan budi pekerti luhur
b. Penguatan integritas nasional
c. Keseimbangan logika, etika, estetika dan kinestetika
d. Kesamaan memperoleh kesempatan belajar
e. Mengikuti perkembangan iptek
f. Pengembangan ketrampilan hidup
g. Belajar sepanjang hayat
h. Berpusat padsa siswa dengan penilaian berkelanjutan dan komprehenship
i. Pendekatan menyeluruh dan kemitraan
9. Sebutkan 4 macam komponen KBK !
a. Kompetensi dan hasil belajar
b. Penilaian berbasis kelas
c. Kegiatan belajar mengajar
d. Pengelolaan kurikulum berbasis sekolah
10. Jelaskan pengertian kurikulum !
Seperangat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
11. Jelaskan pengertian kompetensi !
Sejumlah pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak
12. Jelaskan pengertian kecakapan hidup/life skill !
Kecakapan yang dimiliki seseorang untuk mampu memecahkan permasalahan hidup secara wajar dan menjalani kehidupan secara bermartabat tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif mencari solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya
13. Jelaskan pengertian CTL (Contekstual teaching and Learning)
Konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya
14. Sebutkan 7 komponen utama CTL !
a. Konstruksifime
b. Menemukan/inquiri
c. Bertanya/questioning
d. Masyarakat belajar/learning community
e. Pemodelan/modeling
f. Refleksi/reflection
g. Penilaian yang sebenarnya
15. Jelaskan arti komponen konstruksirfisme dalam CTL !
Pengetahuan manusia dibangun sedikit demi sedikit yang hasilnya diperluas melalui konteks terbatas dan tidak sekonyong-konyong
16. Jelaskan pengertian MBS !
Pola atau model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar pada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan secara langsung warga sekolah
17. Jelaskan pengertian Broad Based Education !
BBE artinya pendidikan berbasis luas dimana orientasi penyelenggaraan pendidikan difokuskan pada kepentingan masyarakat luas
18. Apa tujuan utama MBS ?
Peningkatan mutu pendidikan
19. Sebutkan 3 jenis tugas pokok guru !
a. Tugas professional (mendididk, mengajar, melatih)
b. Tugas manusiawi (transformasi diri, sebagai orang tua kedua)
c. Tugas kemasyarakatan (membentuk warga Negara yang baik penentu masa depan)
20. Jelaskan poengertian Standar Nasional Pendidikan !
Kriteria minimal tentang system pendidikan di seluruh wilayah hukum NKRI
21. Apakah dewan pendidikan itu ?
Lembaga mandiri yang beranggotakan berbagai unsur masyarakat yang peduli pendidikan
22. Apakah komite sekolah itu ?
Lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali peserta didik, komunitas sekolah serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan
23. Sebutkan 3 jenjang pendidikan nformal !
Pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi
24. Sebutkan 4 faktor yang mempengaruhi interaksi belajar mengajar !
Faktor guru, siswa, kurikulum dan lingkungan
25. Ketentuan tentang apakah UU nomor 14 tahun 2005 ?
UU Guru dan Dosen
26. Sebutkan 7 strategi CTL !
a. Pendekatan proses
b. Life skill education
c. Automatic instruction
d. Inquiri based learning
e. Aesvice based learning
f. Cooperatif based learning
27. Sebutkan 6 karakteristik CTL !
a. Kooperatif.
b. Menyenangkan.
c. Terintegrasi.
d. Gunakan sebagai sumber.
e. Pembelajaran berbasis kerja.
f. Siswa mengkonstruksi pengetahuan yang dipelajari.
28. Sebutkan 4 prinsip pengelolaan dana pendidikan menurut pasal 48 UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 !
Keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas public.
29. Apa yang dimaksud visi sekolah ?
Gambaran kualitas pendidikan di tingkat sekolah yang diinginkan di masa depan.
30. Bagaimana cara merumuskan visi sekolah ?
a. Pelajari visi pendidikan nasional.
b. Pelajari visi pendidikan provinsi.
c. Pelajari visi pendidikan daerah.
d. Berdasarkan visi tersebut, rumuskan visi sekolah yang dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu kedepan.
31. Apa yang dimaksud misi sekolah ?
Tindakan untuk merealisasikan visi yang telah dirumuskan.
32. Bagaimana cara merumuskan misi sekolah ?
Pelajari visi sekolah terlebih dahulu kemudian rumuskan tindakan untuk mencapai
visi Sekolah.
33. Siapa sajakah yang ikut serta dalam penyusunan program sekolah ?
a. SDM di sekolah ( Kepala Sekolah, Guru, dan tenaga administrasi ).
b. Orang tua / wali murid.
c. Tokoh masyarakat ( formal dan informal ).
d. Utusan siswa.
e. Pengawas.
34. Jelaskan yang dimaksud dengan kompetensi kewirausahaan !
35. Jelaskan yang dimaksud dengan kompetensi pedagogik !
Kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
36. Jelaskan yang dimaksud dengan kompetensi kepribadian ?
Kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia.
37. Jelaskan yang dimaksud dengan kompetensi profesional ?
Kemampuan pengausaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam SNP.
38. Jelaskan yang dimaksud dengan kompetensi sosial ?
Kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua / wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
39. Sebutkan 5 komponen penentu mutu proses belajar mengajar !
a. Profesionalisme guru.
b. Manajemen pendidikan yang efektif dan efisien.
c. Buku dan sarana belajar yang memadai dan selalu dalam kondisi siap pakai.
d. Fisik dan penampilan sekolah yang baik.
e. Partisipasi aktif masyarakat.
40. Jelaskan pengertian SPP ( Sistem Pembinaan Profesional ) !
Sistem pembinaan yang diberikan kepada guru, kepala sekolah, Pengawas Sekolah dan atau tenaga kependidikan lainnya dengan menekankan bantuan pelayanan profesi berdasarkan kebutuhan lapangan melalui berbagai wadah professional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di SD. SPP dilaksanakan dengan memanfaatkan wadah – wadah dan kegiatan professional seperti KKG, KKKS, dan KKPS yang berlangsung di gugus – gugus sekolah.
41. Sebutkan 3 tujuan komite sekolah !
a. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat
b. Meningkatkan tanggungjawab dan peran serta masyarakat dalam menyelenggarakan
pendidikan
c. Menciptakan suasana dan kondisi yang transparan, akuntabel dan demoratis
42. Sebutkan peran komite sekolah !
a. Pemberi pertimbangan/advisory agency
b. Pendukung/ supporting agency
c. Pengontrol/controlling agency
d. Mediator antara pemerintah dan masyarakat
43. Tulislah urutan jabatan guru dan pangkat golongan dari II/a sampai IV/e beserta jumlah yang harus dimiliki menurut Kep.Mendikbud RI No. 025/0/1995 !
Gol
ruang
|
Jabatan guru
|
Pangkat
|
Jumlah Nilai
|
II/a
|
Guru Pratama
|
Pengatur Muda
|
25
|
II/b
|
Guru Pratama
Tingkat I
|
Pengatur Muda
Tingkat I
|
40
|
II/c
|
Guru Muda
|
Pengatur
|
60
|
II/d
|
Guru Muda
Tingkat I
|
Pengatur
Tingkat I
|
80
|
III/a
|
Guru Madya
|
Penata Muda
|
100
|
III/b
|
Guru Madya
Tingkat I
|
Penata Muda
Tingkat I
|
150
|
III/c
|
Guru Dewasa
|
Penata
|
200
|
III/d
|
Guru Dewasa
Tingkat I
|
Penata Tingkat
I
|
300
|
IV/a
|
Guru Pembina
|
Pembina
|
400
|
IV/b
|
Guru Pembina
Tingkat I
|
Pembina
Tingkat I
|
550
|
IV/c
|
Guru Utama
Muda
|
Pembina Utama
Muda
|
700
|
IV/d
|
Guru Utama
Madya
|
Pembina Utama
Madya
|
850
|
IV/e
|
Guru Utama
|
Pembina Utama
|
1000
|
44. Sebutkan 3 penyebab utama mutu pendidikan tidak dapat meningkatkan secara signifikan !
a. Kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional menggunakan pendekatan yang menganggap bahwa bila semua komponen pendidikan terpenuhi maka mutu terwujud, jadi kurang memperhatikan proses
b. Penyelenggaran pendidikan nasional berlangsung secara birokratik sentralistik
c. Minimnya peran serta masyarakat, peran serta masyarakat hanya sebatas dana tidak sampai pada proses
45. Jelaskan perbedaan antara pendidikan dan pengajaran !
a. Pendidikan bertujuan membentuk pribadi anak agar matang, dewasa, mandiri dan tidak tergantung pada orang lain
b. Pengajaran adalah pemberian iptek dan ketrampilan agar anak menjadi cerdas intelektual nya dan cerdas emosionalnya, supaya hidupnya kelak dapat sejahtera
46. Sebutkan 3 jenis aliran pendidikan !
a. Nativisme (Schopen houwer-Jerman)
Anak sejak lahir telah memiliki bakat/pembawaan tertentu, sehingga pengaruh dari luar tidak berperan apa-apa
b. Empirisme (John Locke-Inggris)
Perkembangan anak ditentukan oleh pengaruh dari luar/lingkungan tempat mereka dibe sarkan (teori tabularasa)
c. Konvergensi William Stern-Jerman berkebangsaan Amerika)
Terbentuknya kepribadian anak ditentukan 2 faktor yaitu bakat dan lingkungan
47. Sebutkan 4 tujuan MBS !
a. Meningkatkan mutu pendidikan
b. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat
c. Meningkatkan tanggungjawab sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah
d. Meningkatkan kompetensi sehat antarn sekolah tentang mutu pendidikan
48. Sebutkan ciri – ciri sekolah mandiri !
a. Ketergantungan rendah
b. Bersifat adaptif, antisipatif dan proaktif
c. Berjiwa kewirausahaan tinggi
d. Bertanggungjawab terhadap usaha kinerja sekolah
e. Memiliki control yang kuat terhadap manajemen dan sumber daya, kondisi kerja
f. Komitemen tinggi
g. Prestasi sebagai acuan bagi penilai
49. Jelaskan arti pendidikan berbasis masyarakat menurut pasal 1 ayat 16 UU Sisdiknas !
Penyelenggaraan pendidikan berdasarkan kekhasan agama, sosial budaya, aspirasi dan potensi masyarakat, sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh dan untuk masyarakat
50. Jelaskan yang dimaksud MBE dan sebutkan 3 cakupan MBE !
a. MBE (Managing Basic Education) merupakan program kerjasama pemerintah dengan
berbagai pihak (Unesco, Unicef, IAP, AusAID, USAID, dll yang bertujuan memberdayakan pemerintah daerah agar lebih peduli dengan pendidikan
b. Cakupan program MBE adalah : 1. MBS, 2. PAKEM, 3. PSM
0 comments:
Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar
Post a Comment