Pages

Thursday 8 March 2012

Kisi-Kisi Penulisan Soal Ujian Sekolah Mapel Bahasa Jawa


Bagikan :




Kisi-Kisi Penulisan Soal Ujian Sekolah Tahun 2012
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal      : 50 butir
Bentuk Soal     : Pilihan Ganda



No.
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diukur
Indikator
No. Soal
1.

















































Menggunakan berbagai keterampilan membaca untuk memahami teks sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa berupa teks bacaan, pidato, cerita rakyat, percakapan, geguritan, cerita anak, cerita wayang, dan huruf Jawa.




































Menentukan isi bacaan.

Disajikan teks nonsastra antara 2-3 paragraf, peserta didik dapat:
· Menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya apa
1
· Menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya  mengapa
2
· Menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya bagaimana
3
·         Menentukan kalimat tanya yang jawabanya terdapat pada paragraf
4
· Menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya bagaimana
5
Menentukan unsur intrinsik cerita rakyat.
Disajikan penggalan cerita rakyat setempat, peserta didik dapat menentukan:
·      Perbedaan watak 2 (dua) tokoh yang terdapat dalam penggalan cerita
6
·         Latar cerita yang terdapat dalam penggalan cerita tersebut
7
·         Amanatbr cerita yang terdapat dalam penggalan cerita tersebut
8
Menentukan unsur-unsur percakapan (dialog).
Disajikan penggalan teks percakapan (dialog), peserta didik dapat menentukan:

·         tema dialog/percakapan
9
·         pokok pembicaraan/topik
10
·         Amanat percakapan
11
Menentukan unsur intrinsik geguritan.
Disajikan sebuah geguritan anak, peserta didik dapat menentukan:
·         Salah satu tokoh
12
·  Isi penggalan geguritan tersebut
13
·      Pesan  penggalan geguritan tersebut
14
Menunjukan bagian pidato
Disajikan bagian tertentu dari suatu teks pidato ( isi atau surasa basa), peserta didik dapat :
·      Menunjukan nama bagian pidato tersebut
15
·         Menentukan tema
16
Menentukan unsur intrinsik cerita anak.
Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik dapat menentukan
·           Sifat salah satu tokoh

17
·        Ungkapan (tembung entar) yang sesuai dengan sifat tokoh
18
·   Amanat penggalan cerita tersebut
19
Mentransliterasi kata dan kalimat huruf Jawa bersandhangan swara.
Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan swara,  peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling tepat.
20
Mentransliterasi kata dan kalimat huruf Jawa bersandhangan Panyigeg.
Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan panyigeg (ragam Krama Alus),  peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling tepat.
21
Mentransliterasi kalimat huruf Jawa yang menggunakan pasangan
Disajikan kalimat berhuruf jawa yang menggunakan pasangan, peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling tepat
22
Menentukan pesan dan makna tembang Macapat (Pocung/Pangkur/Mijil/Kinanthi).
Disajikan sebuah tembang macapat, peserta didik dapat menentukan:
·         Makna salah satu kalimat (sagatra)
23
·         Pesan tembang macapat tersebur
24
Menentukan kekerabatan dan kerajaan/kasatrian tokoh dalam pewayangan.

· Disajikan empat tokoh wayang punakawan secara acak, peserta didik dapat menentukan kekerabatan tokoh punakawan dengan tepat.
25
·   Disajikan satu gambar tokoh wayang pandhawa, peserta didik dapat menentukan nama kerajaan/kasatrian
26
·         Disajikan   empat gambar wayang tokoh pandhawa dengan nama yang tidak sesuai, peserta didik menentukan nama yang sesuai dengan gambar tokoh wayang tersebut
27
2








Menggunakan berbagai keterampilan membaca untuk memahami teks sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa berupa teks bacaan, pidato, cerita rakyat, percakapan, geguritan, cerita anak, cerita wayang, dan huruf Jawa.


Menyusun karangan sederhana.

·  Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, peserta didik menentukan urutan kalimat yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu
28
·         Disajikan gambar tunggal, peserta didik dapat menentukan paragraf yang isinya sesuai dengan gambar
29
Melengkapi  kalimat rumpang.

·         Disajikan kalimat rumpang (ragam Ngoko alus), peserta didik dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
29
Melengkapi paragraf rumpang.
·      Disajikan paragraf  rumpang ragam ngoko , peserta didik dapat menentukan kalimat untuk melengkapi paragraf tersebut.
30
Menyusun paragraf.

·  Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, peserta didik dapat menentukan urutan kalimat yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu.
30
Menulis surat.

·      Disajikan teks surat pribadi (sesama teman) yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi surat dengan kalimat penutup.
31
Melengkapi percakapan/dialog sesuai unggah ungguh.

Disajikan penggalan surat pribadi (kepada orang tua) yangbelum lengkap, peserta didik dapat menentukan:
·         Kalimat yang tepat (sesuai dengan unggah ungguh) untuk melengkapi dialog tersebut.
32

·  Kata yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut sesuai dengan unggah ungguh
33
Menulis surat
Disajikan teks surat pribadi ( antarsesama teman) yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan :
·         Kelengkapan bagian surat tersebut
34
·         Isi bagian surat tersebut
35
Menyusun laporan.

Disajikan data hasil pengamatan tentang urutan membuat sesuatu, peserta didik dapat menentukan:
·         Laporan yang sesuai data
36
·         isi laporan yang sesuai
37
Menulis kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan swara

·         Disajikan kalimat berhuruf latin yang menggunakan sandhangan swara , peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat berhuruf Jawa dengan benar
38
Menulis kalimat berhuruf Jawa menggunakan sandhangan Panyigeg
·         Disajikan kalimat berhuruf latin yang menggunakan sandhangan Panyigeg , peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat berhuruf Jawa dengan benar.
39
Menulis  kalimat huruf Jawa menggunakan pasangan
·      Disajikan kalimat tunggal, peserta (ragam Ngoko ) peserta didik dapat menuliskan kalimat huruf Jawa yang tepat.
40
·         Disajikan kalimat tunggal, peserta (ragam Krama ) peserta didik dapat menuliskan kalimat huruf Jawa yang tepat.
41
Menyusun ringkasan.

· Disajikan bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan ringkasan bacaan dalam satu kalimat.
42
Menyusun parafrase.

· Disajikan penggalan geguritan, peserta didik dapat menentukan parafrase yang tepat.
43
Menyusun geguritan.
·   Disajikan teks geguritan yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi geguritan tersebut
44
Struktur Kalimat.
·     Disajikan gambar peristiwa, peserta didik dapat menentukan geguritan yang sesuai dengan gambar
45
·  Disajikan kalimat tanya ragam Krama Alus yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat
46
·         Disajikan kalimat yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat
47
Menentukan unggah ungguh
· Peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan ragam Ngoko Alus dengan tepat
48
· Peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan ragam Krama dengan tepat
49
·         Disajikan kalimat ragam Ngoko Alus, eserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan ragam Ngoko Alus dengan tepat
50

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Thursday, March 08, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment