Kisi-Kisi Penulisan Soal Ujian Sekolah Tahun 2012
Mata Pelajaran : Bahasa JawaAlokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 50 butir
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan yang Diukur
|
Indikator
|
No. Soal
|
1.
|
Menggunakan berbagai keterampilan membaca untuk memahami teks sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa berupa teks bacaan, pidato, cerita rakyat, percakapan, geguritan, cerita anak, cerita wayang, dan huruf Jawa.
|
Menentukan isi bacaan.
|
Disajikan teks nonsastra antara 2-3 paragraf, peserta didik dapat:
· Menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya apa
|
1
|
· Menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya mengapa
|
2
| |||
· Menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya bagaimana
|
3
| |||
· Menentukan kalimat tanya yang jawabanya terdapat pada paragraf
|
4
| |||
· Menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya bagaimana
|
5
| |||
Menentukan unsur intrinsik cerita rakyat.
|
Disajikan penggalan cerita rakyat setempat, peserta didik dapat menentukan:
· Perbedaan watak 2 (dua) tokoh yang terdapat dalam penggalan cerita
|
6
| ||
· Latar cerita yang terdapat dalam penggalan cerita tersebut
|
7
| |||
· Amanatbr cerita yang terdapat dalam penggalan cerita tersebut
|
8
| |||
Menentukan unsur-unsur percakapan (dialog).
|
Disajikan penggalan teks percakapan (dialog), peserta didik dapat menentukan:
| |||
· tema dialog/percakapan
|
9
| |||
· pokok pembicaraan/topik
|
10
| |||
· Amanat percakapan
|
11
| |||
Menentukan unsur intrinsik geguritan.
|
Disajikan sebuah geguritan anak, peserta didik dapat menentukan:
· Salah satu tokoh
|
12
| ||
· Isi penggalan geguritan tersebut
|
13
| |||
· Pesan penggalan geguritan tersebut
|
14
| |||
Menunjukan bagian pidato
|
Disajikan bagian tertentu dari suatu teks pidato ( isi atau surasa basa), peserta didik dapat :
· Menunjukan nama bagian pidato tersebut
|
15
| ||
· Menentukan tema
|
16
| |||
Menentukan unsur intrinsik cerita anak.
|
Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik dapat menentukan
· Sifat salah satu tokoh
|
17
| ||
· Ungkapan (tembung entar) yang sesuai dengan sifat tokoh
|
18
| |||
· Amanat penggalan cerita tersebut
|
19
| |||
Mentransliterasi kata dan kalimat huruf Jawa bersandhangan swara.
|
Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan swara, peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling tepat.
|
20
| ||
Mentransliterasi kata dan kalimat huruf Jawa bersandhangan Panyigeg.
|
Disajikan kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan panyigeg (ragam Krama Alus), peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling tepat.
|
21
| ||
Mentransliterasi kalimat huruf Jawa yang menggunakan pasangan
|
Disajikan kalimat berhuruf jawa yang menggunakan pasangan, peserta didik dapat menentukan transliterasi latinnya yang paling tepat
|
22
| ||
Menentukan pesan dan makna tembang Macapat (Pocung/Pangkur/Mijil/Kinanthi).
|
Disajikan sebuah tembang macapat, peserta didik dapat menentukan:
· Makna salah satu kalimat (sagatra)
|
23
| ||
· Pesan tembang macapat tersebur
|
24
| |||
Menentukan kekerabatan dan kerajaan/kasatrian tokoh dalam pewayangan.
|
· Disajikan empat tokoh wayang punakawan secara acak, peserta didik dapat menentukan kekerabatan tokoh punakawan dengan tepat.
|
25
| ||
· Disajikan satu gambar tokoh wayang pandhawa, peserta didik dapat menentukan nama kerajaan/kasatrian
|
26
| |||
· Disajikan empat gambar wayang tokoh pandhawa dengan nama yang tidak sesuai, peserta didik menentukan nama yang sesuai dengan gambar tokoh wayang tersebut
|
27
| |||
2
|
Menggunakan berbagai keterampilan membaca untuk memahami teks sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa berupa teks bacaan, pidato, cerita rakyat, percakapan, geguritan, cerita anak, cerita wayang, dan huruf Jawa.
|
Menyusun karangan sederhana.
|
· Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, peserta didik menentukan urutan kalimat yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu
|
28
|
· Disajikan gambar tunggal, peserta didik dapat menentukan paragraf yang isinya sesuai dengan gambar
|
29
| |||
Melengkapi kalimat rumpang.
|
· Disajikan kalimat rumpang (ragam Ngoko alus), peserta didik dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.
|
29
| ||
Melengkapi paragraf rumpang.
|
· Disajikan paragraf rumpang ragam ngoko , peserta didik dapat menentukan kalimat untuk melengkapi paragraf tersebut.
|
30
| ||
Menyusun paragraf.
|
· Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, peserta didik dapat menentukan urutan kalimat yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu.
|
30
| ||
Menulis surat.
|
· Disajikan teks surat pribadi (sesama teman) yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi surat dengan kalimat penutup.
|
31
| ||
Melengkapi percakapan/dialog sesuai unggah ungguh.
|
Disajikan penggalan surat pribadi (kepada orang tua) yangbelum lengkap, peserta didik dapat menentukan:
· Kalimat yang tepat (sesuai dengan unggah ungguh) untuk melengkapi dialog tersebut.
|
32
| ||
· Kata yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut sesuai dengan unggah ungguh
|
33
| |||
Menulis surat
|
Disajikan teks surat pribadi ( antarsesama teman) yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan :
· Kelengkapan bagian surat tersebut
|
34
| ||
· Isi bagian surat tersebut
|
35
| |||
Menyusun laporan.
|
Disajikan data hasil pengamatan tentang urutan membuat sesuatu, peserta didik dapat menentukan:
· Laporan yang sesuai data
|
36
| ||
· isi laporan yang sesuai
|
37
| |||
Menulis kalimat berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan swara
|
· Disajikan kalimat berhuruf latin yang menggunakan sandhangan swara , peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat berhuruf Jawa dengan benar
|
38
| ||
Menulis kalimat berhuruf Jawa menggunakan sandhangan Panyigeg
|
· Disajikan kalimat berhuruf latin yang menggunakan sandhangan Panyigeg , peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat berhuruf Jawa dengan benar.
|
39
| ||
Menulis kalimat huruf Jawa menggunakan pasangan
|
· Disajikan kalimat tunggal, peserta (ragam Ngoko ) peserta didik dapat menuliskan kalimat huruf Jawa yang tepat.
|
40
| ||
· Disajikan kalimat tunggal, peserta (ragam Krama ) peserta didik dapat menuliskan kalimat huruf Jawa yang tepat.
|
41
| |||
Menyusun ringkasan.
|
· Disajikan bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan ringkasan bacaan dalam satu kalimat.
|
42
| ||
Menyusun parafrase.
|
· Disajikan penggalan geguritan, peserta didik dapat menentukan parafrase yang tepat.
|
43
| ||
Menyusun geguritan.
|
· Disajikan teks geguritan yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi geguritan tersebut
|
44
| ||
Struktur Kalimat.
|
· Disajikan gambar peristiwa, peserta didik dapat menentukan geguritan yang sesuai dengan gambar
|
45
| ||
· Disajikan kalimat tanya ragam Krama Alus yang belum lengkap, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat
|
46
| |||
· Disajikan kalimat yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat
|
47
| |||
Menentukan unggah ungguh
|
· Peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan ragam Ngoko Alus dengan tepat
|
48
| ||
· Peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan ragam Krama dengan tepat
|
49
| |||
· Disajikan kalimat ragam Ngoko Alus, eserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan ragam Ngoko Alus dengan tepat
|
50
|
0 comments:
Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar
Post a Comment