Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 50 butir
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
· menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
· membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf
· menentukan ide pokok salah satu paragraf
· menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
|
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
| ||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
| ||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
| ||
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
| ||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
· menentukan tokoh utama
· menentukan latar
· menentukan amanatnya.
| ||
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
| ||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
| ||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
· menentukan makna yang terkait di dalamnya
· mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
· Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
| ||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan.
| ||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi yang disajikan.
| ||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
| ||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
| ||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api berbagai jurusan, siswa dapat:
· membuat pernyataan sesuai isi jadwal
· menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
| ||
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya
| ||
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
| ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
· menentukan isinya
· memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
| ||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.
| ||
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
· menentukan ringkasannya
· menentukan temanya
· menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
| ||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
· menentukan parafrase yang tepat
· menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
| ||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun
|
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
|
· Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
· Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
· Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
| ||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
| ||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.
| ||
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
| ||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
| ||
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan.
| ||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
· melengkapi dengan kalimat yang tepat
· memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
| ||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
| ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.
| ||
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat laporan sesuai data.
| ||
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
| ||
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
| ||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
0 comments:
Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar
Post a Comment