Pages

Sunday 25 March 2012

Ciri Khusus Tumbuhan dan Hewan


Bagikan :




Ciri khusus hewan Tokek dan Cicak


C
icak dan tokek merayap di dinding dan langit-langit rumah. Ternyata,  
cecak memiliki perekat pada setiap ujung jari kakinya. Dengan perekat inilah kaki cecak dapat menempel di dinding.  Cecak dapat mengatur banyaknya perekat yang dikeluarkan. Dengan demikian, cecak dapat tetap bergerak merayap tanpa terjatuh. Cecak dapat mendaki pohon, dinding, atau atap bangunan dengan mudah. Selain itu, cecak mempunyai kemampuan autotomi. Cecak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba. Cecak melakukan autotomi saat ditangkap mangsa. Dengan begitu, cecak dapat melarikan diri. Ekor cecak yang putus dapat tumbuh kembali.  
Ciri khusus hewan kelelawar
Kelelawar keluar dan mencari makan pada malam hari. Sebaliknya, pada siang hari, kelelawar hanya berdiam di sarangnya. Oleh karena itu, kelelawar dijuluki hewan malam ( nocturnal ). Dalam keadaan gelap, kelelawar tidak pernah menabrak benda yang dilaluinya. Kelelawar juga tidak kesulitan menemukan makanan. Hal ini dikarenakan kelelawar memiliki keistimewaan. Kelelawar memiliki indra pembau dan pendengar yang tajam. Dengan penggabungan keduanya, kelelawar dapat menemukan makanan. Kelelawar dapat menentukan arah terbang dan menghindari tabrakan. Pada saat terbang kelelawar mengeluarkan bunyi yang memiliki frekuensi sangat tinggi yang disebut bunyi ultrasonik. Bunyi ultrasonik akan mengenai mangsa atau benda di sekitarnya, bunyi akan dipantulkan kembali oleh benda tesebut. Bunyi pantulan membuat kelelawar memperkirakan jarak terbang. Kelelawar dapat mengenali benda di sekitarnya, inilah yang membuat kelelawar dapat membedakan  antara mangsa dan bukan mangsa. Kemampuan yang dimiliki kelelawar tersebut dinamakan ekolokasi
Ciri khusus hewan Bunglon

Bunglon dapat mengubah warna kulit tubuhnya menyamai sekelilingnya sehingga sukar dikenali. Kemampuan bunglon mengubah warna kulit sesuai dengan tempatnya berada disebut mimikri. Selain itu, tiap matanya dapat melihat pada arah yang berbeda. Jika salah satu matanya melihat seekor serangga, Dengan menggunakan matanya yang tajam, bunglon dapat memperkirakan ukuran jarak dengan mangsanya. Jika mangsa memungkinkan untuk dicapainya, bunglon melontarkan lidahnya yang lengket. Lidah yang panjangnya hampir sepanjang tubuhnya itu untuk menangkap mangsanya, kemudian menarik serangga tersebut ke dalam mulutnya. Hewan yang memiliki ciri lidah panjang dan lengkat lainya adalah hewan landak semut.
Ciri Khusus yang Dimiliki Bebek

Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air, terutama di perairan yang dangkal. Oleh karena itu, kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. Selain, itu dengan bentuk seperti ini, memudahkan bebek berjalan di atas permukaan tanah berlumpur. Makanan bebek ialah cacing. Bagaimana bebek dapat menangkap cacing dari balik lumpur? Ternyata,bebek telah dilengkapi dengan bentuk paruh yang pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. Hewan lain yang memiliki ciri kaki berselaput adalah katak dan angsa.
Ciri khusus pada hewan Burung
Bentuk paruh burung beraneka ragam sesuai dengan jenis makanannya. Burung elang memiliki 

paruh tajam dan bengkok. Paruhnya yang kuat berfungsi untuk mencabik mangsanya.Burung pipit memiliki paruh yang runcing, pendek, dan kuat. Paruhnya yang pendek dan kuat merupakan bentuk penyesuaian terhadap jenis makanannya. Burung pipit adalah pemakan biji-bijian.Burung pelikan memiliki kantung besar di paruhnya. Kantung ini berguna untuk menciduk ikan dan air.Burung flaminggo memiliki bentuk paruh yang lebar dan berjumbai. Paruh burung flaminggo dapat menyaring udang dan binatang kecil dari air berlumpur. Selain ciri khusus tersebut burung hantu memiliki ciri khusus yang lain yaitu  mata dan pendengaran yang tajam, yang berguna untuk mencari makanan di malam hari.
Ciri khusus hewan Ular
Ular adalah hewan karnivora atau pemakan daging, dan tidak pernah mengunyah atau mencabik cabik makanannya seperti kita. Mangsa yang didapat langsung ditelan secara utuh. Karena susunan rahangnya melekat secara longgar dengan susunan tulang pada rangka kepala. Susunan rahang yang seperti ini memungkinkan ular menelan mangsa yang lebih besar dari dirinya sendiri. Selain itu ular juga memiliki cairan pencerna yang mampu menghancurkan makanan. Pada beberapa jenis ular, ada yang membelit mangsanya dengan kuat sehingga mangsanya kehabisan nafas, dan dengan mudah sang ular dapat memakannya. Ular juga memiliki bisa yang dapat membunuh musuh-musuhnya.  Kulit ular dimanfaatkan untuk membuat membuat tas, dompet dan barang lainya. Untuk mencegah kepunahan hewan ular perlu dilindungi.
Ciri khusus hewan Kucing
Kucing memiliki dua ciri khusus. Pertama adalah kakinya. Kaki kucing memiliki lapisan empuk dan tebal yang berguna untuk menyembunyikan kukunya. Pada saat berjalan kukunya ditarik masuk sehingga tidak bersuara, sehingga musuh tidak mendengar ketika didekatinya. Ciri kedua adalah matanya. Mata kucing sangat tajam sehingga bisa melihat dalam gelap. Selain itu kucing juga memiliki keseimbangan tubuh yang sangat baik, ketika kucing terjatuh maka kucing bisa mengatur tubuhnya supaya tetap berdiri.
Ciri khusus hewan Katak

Bagi katak, melakukan kamuflase (penyamaran) agar seolah tubuhnya beracun adalah trik untuk menghindar dari predator atau pemangsa.Katak pun memiliki persamaan dengan cicak, yaitu lidahnya yang panjang dan lengket, sehingga serangga yang mendekat dapat dengan cepat disambar dan tidak dapat berkutik lagi.






Ciri khusus Landak
Landak memiliki ciri khusus yaitu mempunyai kulit berduri. Kulit berduri ini berguna untuk alat pertahanan diri jika diserang musuh. Apabila landak diserang musuh maka dia akan menggulungkan tubuhnya sehingga tubuhnya akan tertutup oleh duri
Ciri Khusus Cumi-cumi dan Gurita
Cumi-cumi dan Gurita memiliki ciri khusus yaitu mengeluarkan cairan hitam seperti tinta. Cairan ini berguna untuk mengelabui musuhnya. Cumi-cumi juga memiliki tentakel yang dapat berkerut dengan cepat. Pada malam hari cumi-cumi mengeluarkan cahaya yang indah dan gemerlap untuk menarik mangsanya supaya mendekat. 

Ciri Khusus Unta

Unta adalah hewan yang hidup di padang pasir. Tinggi badan unta dapat mencapai 3 m. Telinganya kecil, namun matanya memiliki bulu mata yang panjang. Ketika terjadi badai pasir, unta berlutut di atas bantalan lutut yang tebal, merapatkan telinganya, menutup mata, dan mengatupkan mulut rapatrapat. Hal ini dilakukan agar unta tidak terlalu banyak menghirup pasir. Unta dapat berjalan jauh tanpa makan dan minum. Unta memiliki punuk berisi lemak di punggung. Punuk adalah daging yang tumbuh di bagian tengkuk. Punuk tersebut juga digunakan sebagai cadangan cairan. Saat berada di tempat dengan makanan berlimpah, unta mengisi perutnya yang besar dengan rumput dan air.
Ciri Khusus Semut
Semut memiliki dua buah antena di kepalanya. Antena ini berguna untuk menyentuh, membau, dan merasakan getaran bunyi. Sementara itu mulut semut berguna untuk mengecap. Dengan mengecap, membau, dan menyentuh semut dapat menemukan benda di sekitarnya. Semut berinteraksi dengan sesamanya dengan sentuhan antena, semut juga dapat berkomunikasi dengan bau yang dikeluarkannya.
Ciri Khusus Lebah dan Kalajengking
Lebah dan kalajengking memiliki sengat beracun sebagai alat pertahanan dirinya. Apabila lebah terdesak maka ia akan mengeluarkan sengatnya untuk mempertahankan diri, begitu pula dengan kalajengking.

Ciri Khusus pada Tumbuhan
Selain hewan, beberapa tumbuhan juga memiliki ciri khusus. Tumbuhan berkembang biak secara generatif (kawin) dan vegetatif (tak kawin )Bagian tumbuhan dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Pemanfaatan bagian tumbuhan secara berlebihan akan mengganggu keseimbangan ekosistem. Apabila ekosistem terganggu, maka dapat menimbulkan kepunahan hewan dan tumbuhan. Tumbuhan beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan hidup, melindungi diri dari musuh, danmempertahankan jenisnya. Bentuk adaptasi tumbuhan  bermacam-macam, seperti yang akan diuraikan di bawah ini :
Ciri khusus tumbuhan cemara
Pohon cemara mempunyai bentuk daun yang runcing. Daunnya yang runcing berguna untuk mengurangi penguapan. Bentuk daun tersebut merupakan adaptasi pohon cemara terhadap lingkungan yang panas.
Ciri khusus tumbuhan teratai
Teratai merupakan tumbuhan yang hidup di permukaan air. Tumbuhan teratai mempunyai daun yang berbentuk lebar dan tipis. Daunnya ada yang lebar dan ada juga tipis, berfungsi untuk memperbanyak penguapan. Bentuk daun tersebut merupakan bentuk adaptasi teratai terhadap tempat hidupnya.










Ciri khusus tumbuhan putri malu
Tumbuhan putri malu banyak dijumpai tumbuh di tepi jalan. Tumbuhan putri malu mempunyai ciri khusus pada daunnya. Daun tumbuhan putri malu akan mengatup apabila tersentuh sesuatu. Hal ini menunjukkan bahwa putri malu beradaptasi terhadap rangsang sentuhan.








Ciri khusus tumbuhan kaktus
Kaktus merupakan tanaman yang hidup di daerah panas. Batang kaktus tebal dan berlapis lilin. Batang kaktus yang tebal berfungsi sebagai tempat persediaan air. Seluruh permukaan batang kaktus tertutup oleh duri. Duri tersebut berguna sebagai pelindung diri.

















Ciri khusus tumbuhan kantung semar
Kantung semar adalah tanaman pemakan serangga atau disebut insektivora. Pada waktu tertentu, bunga kantung semar mengeluarkan bau menyengat. Bau tersebut berguna untuk menarik serangga. Tanaman kantung semar mempunyai cairan khusus yang ada di dalam kantung. Cairan tersebut untuk mencerna serangga yang terjebak. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman kantung semar beradaptasi untuk memperoleh makanan.


Ciri khusus tumbuhan bakau

Tumbuhan ini hidup di pinggiran pantai. Tumbuhan bakau memiliki akar tunjang untuk menopang tubuhnya agar tetap kokoh. Akar tunjang merupakan bentuk adaptasi tumbuhan bakau terhadap lingkungan pantai.

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Sunday, March 25, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment