Sunday, 25 March 2012

Gangguan pada Alat Indera Manusia


Bagikan :




Gangguan pada Mata dan Cara Merawatnya

 a.      Miopi (Rabun Jauh)
Penderita miopi (mata minus) tidak dapat melihat benda-benda yang jaraknya jauh. Penderita miopi dapat ditolong menggunakan kacamata berlensa cekung. Miopi disebabkan jarak titik api lensa mata terlalu pendek atau lensa mata terlalu cembung. Titik api adalah pusat pertemuan sinar yang sudah dipecah oleh lensa. Jadi, sinar yang masuk jatuh di depan retina sehingga mata tidak dapat melihat benda jauh. Untuk menolong penderita miopi (rabun jauh) harus menggunakan kacamata dengan lensa cekung (negatif). Lensa cekung ini akan menempatkan bayangan tepat pada retina.

b.    Hipermetropi (Rabun dekat)
Penderita hipermetropi (mata plus) tidak dapat melihat benda-benda yang jaraknya dekat. Penderita hipermetropi dapat ditolong menggunakan kacamata berlensa cembung. Rabun dekat disebabkan lensa mata terlalu pipih. Titik api lensa berada di belakang retina sehingga mata tidak dapat melihat benda-benda yang dekat. Jadi, penderita hipermetropi harus menggunakan kacamata berlensa cembung. Dengan lensa cembung, sinar yang jatuh di belakang retina akan dikembalikan tepat pada retina.
c.     Presbiopi
Gangguan presbiopi biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Penderita presbiopi tidak dapat melihat benda dalam jarak dekat maupun jauh. Penderita presbiopi dapat ditolong menggunakan kacamata berlensa ganda. Presbiopi adalah kelainan pada mata yang disebabkan oleh faktor usia sehingga daya akomodasi matanya berkurang. Penderita ini tidak dapat melihat benda dekat dan tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas. Penderita ini harus menggunakan kacamata berlensa cekung dan cembung sekaligus
d.    Astigmatisma
Astigmatisma adalah kelainan mata yang disebabkan kelengkungan kornea matanya yang tidak berbentuk bola sehingga sinar-sinar yang masuk tidak terpusat sempurna. Akibatnya, benda yang dilihat ada bayangannya. Penderita ini dapat dibantu dengan kacamata berlensa silindris. Hal-hal yang dapat kamu lakukan agar matamu tetap sehat, di antaranya sebagai berikut.
  • Mengatur jarak baca (minimal 30 cm);
  • Menonton televisi jangan terlalu dekat;
  • Membaca di ruangan yang terang karena jika kamu membaca di tempat yang kurang terang, pupil matamu akan melebar dengan kuat sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kelelahan pada mata;
  • Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel.
e.    Buta Warna
Buta warna yaitu penglihatan yang tidak dapat membedakan warna-warna tertentu, misal warna merah dengan hijau kelihatan sama-sama kelabu.
f.      Juling
Juling, yaitu kelainan mata karena kerja otot mata kiri dan otot mata kanan tidak serasi. Kelainan ini merupakan bawaan sejak lahir.
g.   Katarak
Katarak yaitu pengapuran pada permukaan lensa mata sehingga lensa mata menjadi keruh. Akibatnya, pada penderita katarak cahaya tidak dapat masuk mata.
Gangguan dan penyakit mata dapat menyerang siapa saja. Kita harus merawat mata kita dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik seperti berikut.
  • Makan makanan yang mengandung cukup vitamin A.
  • Tidak membaca dengan penerangan yang terlalu redup atau terlalu terang.
  • Pada waktu membaca diusahakan jarak tulisan dengan mata sekitar 30 cm.
  • Tidak membaca buku dan menonton televisi (tv) sambil berbaring. Usahakanmembaca atau menonton tv sambil duduk.
  • Mencegah mata dari kotoran atau debu, misalnya memakai kacamata jikaberada di tempat berdebu.
  • Pada saat menonton televisi, jarak mata terhadap televisi minimal lima kali panjang diagonal layar tv. Jika kita menonton televisi berukuran 14 inci (sama dengan 35 cm), sebaiknya jarak mata dari layar tv minimal 35 cm × 5 atau 175 cm.
Gangguan pada Telinga dan Cara Merawatnya
Telinga sebagai indra pendengar juga dapat mengalami gangguan danpenyakit, misalnya tuli. Orang yang tuli sejak lahir akan menjadi bisu. Selain itu, kebiasaan buruk yang sering dilakukan terhadap telinga kita juga dapatmengakibatkan gangguan. Kebiasaan itu misalnya, membersihkan telingamenggunakan benda-benda keras seperti peniti atau klip kertas. Tindakan inidapat menyebabkan luka pada telinga atau pecahnya gendang telinga.
Sekarang kamu mengetahui betapa pentingnya telinga bagi kita. Jadi, kita harus menjaga agar telinga tetap dalam keadaan sehat melalui cara-cara berikut.
  • Bersihkanlah bagian luar telingamu secara teratur menggunakan bendabenda yang lunak, misalnya kapas pembersih! Jangan sekali-kali membersihkan bagian dalam telingamu!
  • Segera periksakan ke dokter bila merasa ada yang sakit dalam telinga!
  • Hindari suara yang sangat nyaring karena dapat memekakkan telinga!
Gangguan pada Hidung dan Cara Merawatnya
Gangguan pada hidung antara lain mimisan dan masuknya kotoran padarongga hidung.
  • Mimisan (pendarahan pada hidung) dapat terjadi karena kebiasaan membersihkan hidung menggunakan benda yang tidak semestinya. Misalnya, membersihkannya dengan kuku jari tangan atau benda keras lainnya. Akibatnya, kulit pada rongga hidung menjadi terluka dan mengeluarkan darah. Kebiasaan buang ingus yang terlalu keras saat pilek juga dapat menyebabkan mimisan. Jika kamu mimisan, duduk dan pijatlah lubang hidung hingga tertutup. Pendarahan akan segera terhenti setelah beberapa saat.
  • Masuknya kotoran-kotoran dalam rongga hidung dapat mengakibatkangangguan. Gangguan seperti ini biasanya karena kebiasaan mencabutirambut-rambut hidung. Hilangnya rambut-rambut hidung memudahkankotoran masuk dalam rongga hidung.
 Gangguan pada Lidah dan Cara Merawatnya
Terjadinya gangguan lidah dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaanburuk. Misalnya makan makanan terlalu panas, terlalu pedas, terlalu asin, dan terlalu asam. Gangguan lidah ini dapat menyebabkan kepekaan lidah berkurang. Namun, gangguan ini hanya bersifat sementara. Selain itu, lidah juga dapat terkena sariawan. Penyakit ini ditandai bibir pecah-pecah atau luka pada gusi dan lidah. Kurangnya mengonsumsi makanan yangmengandung banyak vitamin C dapat menyebabkan gangguan ini.
Gangguan pada Kulit dan Cara Merawatnya
Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh kita sehingga kulit mudah kotor.Akibatnya, kulit mudah mengalami gangguan atau terkena penyakit. Gangguan atau penyakit yang menyerang kulit biasanya disebabkan dari jamur, seperti panu, kadas, dan kurap. Jamur melekat di kulit bersama kotoran. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga kebersihan kulit. Misalnya mandi minimal 2 kali sehari dan berganti pakaian. Apabila kulit terkena penyakit, segera berobat ke dokter kulit. Kulit juga dapat terluka karena kebiasaan menggaruk-garuk kulit terlalu keras.  

Ditulis oleh: sang guru
Media Belajar Diperbarui pada: Sunday, March 25, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment