Pages

Tuesday 6 March 2012

Kisi-Kisi Penyusunan Soal Ujian Sekolah Mapel PKn


Bagikan :




KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

                               Jenis Sekolah               : Sekolah dasar/ MI
                               Mata pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
                               Alokasi Waktu             : 90 menit
                               Jumlah Soal                  : 50 butir
                               Bentuk Soal                  : Pilihan Ganda

No
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diukur
Indikator
No Soal
1
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan
Peserta didik dapat menunjukkan contoh  menghargai budaya daerah lain
1
Peserta didik dapat menentukan contoh perilaku menghargai pendapat orang lain dalam musyawarah
2
Menghormati perbedaan dalam beragama
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh kerukunan dalam kehidupan beragama
3
2
Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
Menerapkan  hidup rukun di rumah dan di sekolah
Peserta didik dapat menentukan contoh perilaku hidup rukun di rumah.
4
Peserta didik dapat menentukan contoh penerapan perilaku hidup rukun di sekolah.
5
3
Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluaraga dan sekolah.
Memahami kewajiban sebagai anggota keluaraga
Peserta didik dapat menentukan salah satu kewajiban anak di rumah
6
Peserta didik dapat menentukan salah satu bentuk kerja sama di dalam keluarga
7
Melaksanakan kewajiban sebagai siswa
Peserta didik dapat menentukan salah satu kewajiban anak di sekolah
8
Peserta didik dapat menentukan salah satu tata tertib di sekolah
9
4
\
Memahami hidup tertib dan gotong royong.
Menaati peraturan yang berlaku di masyarakat
Peserta didik dapat menentukan salah satu tata tertib di masyarakat
10

Peserta didik dapat menentukan akibat melanggar salah satu norma di masyarakat
11
Peserta didik dapat menentukan salah satu manfaat peraturan perundang-undangan
12
Membiasakan hidup bekerjasama
Peserta didik dapat menentukan contoh kegiatan di masyarakat yang dilakukan secara gotong royong
13

5















Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis














Memiliki sikap cinta terhadap lingkungan.
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan.
14
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu perilaku menjaga kebersihan lingkungan.
15
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu akibat tidak menjaga kelestarian lingkungan.
16
Penerapan hidup demokratis dalam kehidupan sehari-hari






Peserta didik dapat memberikan contoh perilaku demokratis di lingkungan keluarga
17
Peserta didik dapat memberikan contoh perilaku demokratis di lingkungan masyarakat
18
Disajikan ilustrasi tentang musyawarah, peserta didik dapat menentukan secara tepat cara pengambilan keputusan
19
Disajikan pernyataan tentang pemilu, peserta didik dapat menentukan secara tepat azaz pemilu
20
6
Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja  dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Perilaku jujur, disiplin, dan senang bekerja  dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilistrasi, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku di rumah
21
Peserta didik dapat menentukan contoh perilaku disiplin di sekolah
22
Peserta didik dapat menentukan contoh sikap senang bekerja keras
23
Peserta didik dapat menentukan secara tepat lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia
24
7
























Memahami sistem pemerintahan baik dalam tingkat daerah maupun pusat.






















Memahami sistem pemerintahan daerah.
Peserta didik dapat menentukan lembaga pemerintahan ditingkat daerah
25
Peserta didik dapat menentukan anggota muspida
26
Memahami  tugas pemerintahan daerah.
Peserta didik dapat menunjukkan  salah satu fungsi DPRD
27
Peserta didik dapat menentukan tugas salah satu perangkat daerah kabupaten/kota
28
Peserta didik dapat menentukan lembaga peradilan di daerah
29
Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah
Peserta didik dapat menentukan lembaga penyelenggara pilkada
30
Peserta didik dapat menentukan salah satu tugas PPS pemilukada
31
Menjelaskan tugas  lembaga pemerintahan pusat
Disajikan daftar lembaga negara, peserta didik dapat menentukan salah satu tugas lembaga pemerintahan pusat.
32
Mengenal organisasi pemerintahan pusat


Peserta didik dapat menyebutkan salah satu hak prerogatif presiden
33

Peserta didik dapat menyebutkan salah satu lembaga yudikatif.
34

Disajikan tugas lembaga negara, peserta didik dapat menunjukkan kewenanganya
35
Menerapkan kehidupan demokrasi
Peserta didik dapat menentukan salah satu tujuan pemilu
36
Peserta didik dapat menentukan periode pelaksanaan pemilu
37
8

Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia dengan kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan,kebiasaan, adat istiadat, dan menghargai keputusan bersama.
 .
Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.
Peserta didik dapat menentukankan salah satu kewajiban warga negara dalam menjaga keutuhan NKRI.
38
Peserta didik dapat memberi contoh perilaku yang dapat membahayakan keutuhan negara Indonesia.
39
Peserta didik dapat menunjukan salah satu alat pemersatu bangsa
40
Peserta didik dapat memberi contoh salah satu sikap mencintai tanah air
41
Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia
Peserta didik dapat menentukan tata urutan perundang-undangan di Indonesia
42
Peserta didik dapat menunjukan manfaat dibentuknya peraturan perundang-undangan
43

Mengenal nilai-nilai budaya bangsa Indonesia
Peserta didik dapat menunjukan contoh perilaku yang bertentangan dengan kepribadian bangsa Indonesia
44
9
Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
Memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan dasar negara
Disajikan gambar tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara, peserta didik dapat menunjukan rumusanya
45
Peserta didik dapat menunjukan nilai juang dalam perumusan dasar negara
46
10
Memahami hubungan Indonesia dan negara tetangga dan politik luar negeri
Memahami hubungan Indonesia dengan negara-negara tetangga
Peserta didik dapat menunjukan salah satu contoh kerjasama ASEAN
47
Peserta didik dapat menentukan salah satu keputusan Konferensi Asia Afrika
48
Menjelaskan politik luar negeri Indonesia
Peserta didik dapat menunjukan kebijakan politik luar negeri Indonesia
49
Disajikan  daftar nama negara, peserta didik dapat menentukan negara pemrakarsa Gerakan non Blok
50

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Tuesday, March 06, 2012

1 comments:

menentukan secara tepat asas pemilu

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment