KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Jenis Sekolah : Sekolah dasar/ MI
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 90 menit
Jumlah Soal : 50 butir
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan yang Diukur
|
Indikator
|
No Soal
|
1
|
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
|
Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan
|
Peserta didik dapat menunjukkan contoh menghargai budaya daerah lain
|
1
|
Peserta didik dapat menentukan contoh perilaku menghargai pendapat orang lain dalam musyawarah
|
2
| |||
Menghormati perbedaan dalam beragama
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh kerukunan dalam kehidupan beragama
|
3
| ||
2
|
Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
|
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
|
Peserta didik dapat menentukan contoh perilaku hidup rukun di rumah.
|
4
|
Peserta didik dapat menentukan contoh penerapan perilaku hidup rukun di sekolah.
|
5
| |||
3
|
Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluaraga dan sekolah.
|
Memahami kewajiban sebagai anggota keluaraga
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu kewajiban anak di rumah
|
6
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu bentuk kerja sama di dalam keluarga
|
7
| |||
Melaksanakan kewajiban sebagai siswa
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu kewajiban anak di sekolah
|
8
| ||
Peserta didik dapat menentukan salah satu tata tertib di sekolah
|
9
| |||
4
\
|
Memahami hidup tertib dan gotong royong.
|
Menaati peraturan yang berlaku di masyarakat
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu tata tertib di masyarakat
|
10
|
Peserta didik dapat menentukan akibat melanggar salah satu norma di masyarakat
|
11
| |||
Peserta didik dapat menentukan salah satu manfaat peraturan perundang-undangan
|
12
| |||
Membiasakan hidup bekerjasama
|
Peserta didik dapat menentukan contoh kegiatan di masyarakat yang dilakukan secara gotong royong
|
13
| ||
5
|
Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
|
Memiliki sikap cinta terhadap lingkungan.
|
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan.
|
14
|
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu perilaku menjaga kebersihan lingkungan.
|
15
| |||
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu akibat tidak menjaga kelestarian lingkungan.
|
16
| |||
Penerapan hidup demokratis dalam kehidupan sehari-hari
|
Peserta didik dapat memberikan contoh perilaku demokratis di lingkungan keluarga
|
17
| ||
Peserta didik dapat memberikan contoh perilaku demokratis di lingkungan masyarakat
|
18
| |||
Disajikan ilustrasi tentang musyawarah, peserta didik dapat menentukan secara tepat cara pengambilan keputusan
|
19
| |||
Disajikan pernyataan tentang pemilu, peserta didik dapat menentukan secara tepat azaz pemilu
|
20
| |||
6
|
Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
|
Perilaku jujur, disiplin, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ilistrasi, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku di rumah
|
21
|
Peserta didik dapat menentukan contoh perilaku disiplin di sekolah
|
22
| |||
Peserta didik dapat menentukan contoh sikap senang bekerja keras
|
23
| |||
Peserta didik dapat menentukan secara tepat lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia
|
24
| |||
7
|
Memahami sistem pemerintahan baik dalam tingkat daerah maupun pusat.
|
Memahami sistem pemerintahan daerah.
|
Peserta didik dapat menentukan lembaga pemerintahan ditingkat daerah
|
25
|
Peserta didik dapat menentukan anggota muspida
|
26
| |||
Memahami tugas pemerintahan daerah.
|
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu fungsi DPRD
|
27
| ||
Peserta didik dapat menentukan tugas salah satu perangkat daerah kabupaten/kota
|
28
| |||
Peserta didik dapat menentukan lembaga peradilan di daerah
|
29
| |||
Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah
|
Peserta didik dapat menentukan lembaga penyelenggara pilkada
|
30
| ||
Peserta didik dapat menentukan salah satu tugas PPS pemilukada
|
31
| |||
Menjelaskan tugas lembaga pemerintahan pusat
|
Disajikan daftar lembaga negara, peserta didik dapat menentukan salah satu tugas lembaga pemerintahan pusat.
|
32
| ||
Mengenal organisasi pemerintahan pusat
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu hak prerogatif presiden
|
33
| ||
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu lembaga yudikatif.
|
34
| |||
Disajikan tugas lembaga negara, peserta didik dapat menunjukkan kewenanganya
|
35
| |||
Menerapkan kehidupan demokrasi
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu tujuan pemilu
|
36
| ||
Peserta didik dapat menentukan periode pelaksanaan pemilu
|
37
| |||
8
|
Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia dengan kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan,kebiasaan, adat istiadat, dan menghargai keputusan bersama.
.
|
Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.
|
Peserta didik dapat menentukankan salah satu kewajiban warga negara dalam menjaga keutuhan NKRI.
|
38
|
Peserta didik dapat memberi contoh perilaku yang dapat membahayakan keutuhan negara Indonesia.
|
39
| |||
Peserta didik dapat menunjukan salah satu alat pemersatu bangsa
|
40
| |||
Peserta didik dapat memberi contoh salah satu sikap mencintai tanah air
|
41
| |||
Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia
|
Peserta didik dapat menentukan tata urutan perundang-undangan di Indonesia
|
42
| ||
Peserta didik dapat menunjukan manfaat dibentuknya peraturan perundang-undangan
|
43
| |||
Mengenal nilai-nilai budaya bangsa Indonesia
|
Peserta didik dapat menunjukan contoh perilaku yang bertentangan dengan kepribadian bangsa Indonesia
|
44
| ||
9
|
Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
|
Memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan dasar negara
|
Disajikan gambar tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara, peserta didik dapat menunjukan rumusanya
|
45
|
Peserta didik dapat menunjukan nilai juang dalam perumusan dasar negara
|
46
| |||
10
|
Memahami hubungan Indonesia dan negara tetangga dan politik luar negeri
|
Memahami hubungan Indonesia dengan negara-negara tetangga
|
Peserta didik dapat menunjukan salah satu contoh kerjasama ASEAN
|
47
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu keputusan Konferensi Asia Afrika
|
48
| |||
Menjelaskan politik luar negeri Indonesia
|
Peserta didik dapat menunjukan kebijakan politik luar negeri Indonesia
|
49
| ||
Disajikan daftar nama negara, peserta didik dapat menentukan negara pemrakarsa Gerakan non Blok
|
50
|
1 comments:
menentukan secara tepat asas pemilu
Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar
Post a Comment