Pages

Sunday 25 March 2012

Wujud Benda dan Sifatnya


Bagikan :




1. Benda Padat

D
i sekitar kelasmu tentu banyak benda padat. Di antaranya ada pensil, karet penghapus, dan buku tulis. Tahukah kamu sifat-sifat benda padat tersebut.
Sifat-sifat benda padat di antaranya mempunyai bentuk tetap, walaupun diletakkan di tempat yang berbeda. Selain itu, benda padat bersifat dapat diubah bentuknya. Benda padat dapat berubah bentuk karena perlakuan tertentu. Perlakuan tersebut di antaranya karena ditekan atau dipukul.


2. Benda Cair
Coba amati benda-benda yang ada di dapur rumahmu! Memang di dapur banyak benda cair. Di antaranya ada air, sirop, minyak goreng, minyak tanah, dan kecap. Menurutmu, apa saja sifat-sifat benda cair tersebut?  Sifat-sifat benda cair tersebut sebagai berikut.
  • Bentuknya Tidak Tetap, Selalu Mengikuti Bentuk Wadahnya Sebagai contoh jika air di dalam botol, bentuknya seperti botol. Sementara itu, air dalam gelas bentuknya seperti gelas.(a)
  • Menekan ke Segala Arah. (b)
  • Mengalir dari Tempat Tinggi ke Rendah(c)
  • Permukaan Benda Cair Selalu Datar Permukaan benda cair yang tenang berbeda dengan permukaan air yang sedang bergerak. Air yang tenang permukaannya datar. Sifat ini biasa digunakan pada waterpas. Waterpas adalah alat untuk mengukur kedataran tembok atau lantai.(d)
  • Meresap Melalui Celah-Celah Kecil.  Sifat-sifat  tersebut dapat diamati pada peristiwa tersebut akan tampak air menetes dari kain yang dicelupkan dalam air. Kemampuan air meresap pada celah-celah kain ini disebut daya kapilaritas. Daya kapilaritas ini juga dapat diamati pada minyak tanah yang meresap melalui sumbu kompor.(e)

3. Benda Gas

Benda gas memang sulit diamati. Akan tetapi, keberadaan benda gas dapat dirasakan. Contoh benda gas yaitu udara dan asap. Benda gas juga mempunyai sifat-sifat khusus. Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifat-sifat benda gas tersebut.Benda gas mempunyai sifat-sifat sebagai berikut.
  • Benda Gas Mempunyai Bentuk dan Volume Sesuai dengan Wadahnya Ketika kamu meniup balon, udara masuk ke dalam balon.Bentuk balon menunjukkan bentuk udara yang ada di dalamnya. Jadi, bentuk benda gas tergantung dari wadahnya. Selain bentuk, volume udara juga sesuai dengan volume (isi) wadahnya. Pada kegiatan di depan kamu meniupkan udara yang kurang lebih sama banyaknya pada setiap balon. Namun, jika diperhatikan volumenya akan sesuai dengan volume dari setiap balon. Jadi, benda gas mempunyai sifat bentuk dan volumenya sesuai dengan bentuk dan volume wadahnya.
Sifat benda gas di atas sangat bermanfaat bagi manusia. Kita dapat mengharumkan ruang tamu atau kamar tidur hanya dengan sedikit menyemprotkan pengharum ruangan. Mengapa demikian? Pengharum ruangan yang kita semprotkan merupakan benda gas. Pengharum ruangan  ini akan memenuhi seluruh ruangan. Seluruh ruangan tersebut akan menjadi harum.
  • Benda Gas Menekan ke Segala Arah Saat balon ditiup, seluruh bagian balon tersebut akan mengembang. Hal ini menunjukkan bahwa udara menekan ke segala arah. Sifat benda gas ini kita temui saat memompa ban sepeda. Udara yang dialirkan ke dalam ban akan menekan ke seluruh ruang ban tersebut. Nah, kamu telah mengenal sifat-sifat benda. Perlu kamu ketahui bahwa setiap benda dapat mengalami perubahan wujud. Perubahan wujud pada benda dapat mengubah sifat-sifat benda tersebut.  

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Sunday, March 25, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment