Pages

Tuesday 6 March 2012

Kisi-Kisi Penulisan Soal Ujian Nasional IPA 2012


Bagikan :




Kisi-Kisi Penulisan Soal Ujian Nasional 2012

                            Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam
                           Alokasi Waktu                 : 120 menit
                           Jumlah Soal                      : 50 butir
                           Bentuk Soal                     : Pilihan ganda





No
Kompetensi
Indikator
1.
Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan manusia/lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan langka
2.
Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur
hidup hewan
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan cara perkembangbiakannya
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik pada manusia
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
3.
Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok
dalam komunitas/ekosistem tertentu
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem
berdasarkan gambar rantai makanan
4.
Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia
dalam keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu
5.
Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.

Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan strukturnya
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah
satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat
pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah
satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada manusia
6.
Memahami sifat penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari

Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat
menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar
benda tertentu
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada
kegiatan tersebut
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor
yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
7.
Memahami hubungan antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan seharihari.

Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat
menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat
mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk
suatu benda
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai
digunakan.
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi dari alat tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan energi yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu
saklar diputus/disambung
8.
Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.

Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat salah satu jenis sumber daya alam
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan, dsb)
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
9.
Memahami sistem tata surya bagi kehidupan.

Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana
matahari/bulan.
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun hijriah.

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Tuesday, March 06, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment