Kisi-Kisi Penulisn Soal USBN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamAlokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 50 butir
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan yang Diuji
|
Indikator
|
No Soal
|
1
|
Menyebutkan, hafal, dan mengartikan
Surat-surat pendek dalam Al Quran, mulai
Surat Al Fatihah
sampai Surat Al ‘Alaq
|
Mengartikan QS Al
Hujurat ayat 13
|
Disajikan Surat Al Hujrat ayat 13 dan artinya, peserta didik dapat menentukan isi pokok yang terkandung pada surat tersebut
|
1
|
Mengartikan QS Al
Maidah ayat 3 dengan
benar
|
Disajikan kutipan surat Al Maidah ayat 3 (wahyu terakhir), peserta didik dapat melengkapi arti nya dengan sempurna
|
2
| ||
Mengartikan QS Al Kausar dengan benar)
|
Disajikan salah satu ayat dari Surat Al Kausar, peserta didik dapat menentukan artinya dengan tepat
|
3
| ||
Membaca QS Al Fatihah dengan lancar
|
Disajikan 4 ayat dari beberapa surat Al Quran, peserta didik dapat menentukan ayat dari surat Al Fatihah
|
4
| ||
Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun
|
Disajikan salah satu ayat surat Al Lahab peserta didik dapat menunjukkan artinya
|
5
| ||
Membaca QS Al Lahab
dan Al Kafirun
|
Disajikan salah satu ayat dari surat Al Kafirun, peserta didik dapat menentukan lanjutan satu
ayat berikutnya dengan tepat
|
6
| ||
Membaca QS Al Ikhlas dengan lancar
|
Disajikan beberapa ayat dari surat-surat Al- Quran, peserta didik dapat menentukan ayat dari surat Al Ikhlas
|
7
| ||
Membaca QS An Nashr
dengan lancar
|
Disajikan kutipan Surat An Nashr secara lengakap, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan pada kalimat yang diberi garis bawah
|
8
| ||
Membaca QS Al Qadr dan QS Al ‘Alaq ayat 1-5
|
Disajikan beberapa ayat dari Surat Al Qadar dan Al ‘Alaq peserta didik menentukan ayat dari Surat Al ‘Alaq
|
9
| ||
Disajikan salah satu ayat dari Surat Al Qadar, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan lafal yang diberi garis bawah
|
10
| |||
Mengartikan QS Al
Ma’un dengan benar
|
Disajikan salah satu ayat dari Surat Al- Ma’un, pesertadidik dapat menentukan arti ayat tersebut
|
11
| ||
Membaca QS Al Fil
dengan lancar
|
Disajikan beberapa ayat dari Surat Al Fil dan Al Ma’un, peserta didik dapat menentukan ayat surat Al Fil
|
12
| ||
2
|
Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada qadha dan qadar
|
Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
|
Disajikan kisah tentang kehidupan
seseorang, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar dalam meyakini dan menerima Qadha dan Qadar Allah SWT
|
13
|
Menyebutkan namanama
hari akhir
|
Disajikan beberapa nama hari akhir, peserta didik dapat menentukan nama hari akhir
yang telah ditentukan artinya
|
14
| ||
Menyebutkan nama –
nama malaikat dan
tugasnya
|
Disajikan narasi tentang tugas-tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan tugas malaikat dengan benar
|
15
| ||
Menjelaskan fungsi Al
Quran sebagai kitab suci
terakhir
|
Disajikan nama-nama kitab suci Allah SWT yang diturunkan kepada para rasul, siswa dapat menjelaskan Fungsi Al Quran sebagai kitab suci terakhir
|
16
| ||
Menunjukkan contohcontoh
qadha dan qadar
|
Disajikan beberapa contoh kejadian dalam kehidupan manusia, peserta didik dapat menentukan contoh Qadha dengan tepat
|
17
| ||
Disajikan narasi tentang kisah kehidupan manusia, peserta didik dapat memilih contoh kejadian yang sesuai dengan Qadha
|
18
| |||
Menyebutkan sifat Jaiz Allah SWT
|
Disajikan narasi tentang sifat Jaiz Allah SWT, peserta didik dapat menjelaskan pengertian
sifat Jaiz Allah SWT
|
19
| ||
Menyebutkan nama-nama rasul yang menerima Kitab
Allah SWT
|
Ditampilkan nama-nama rasul dan kitab melalui tabel yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi
|
20
| ||
Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT
|
Disajikan kisah tentang suatu peristiwa, peserta didik dapat menentukan nama rasul yang sesuai dengan peristiwa tersebut
|
21
| ||
Menjelaskan tanda-tanda hari akhir
|
Disajikan narasi tentang suatu peristiwa, peserta didik dapat menentukan tanda-tanda hari akhir yang sesuai dengan peristiwa tersebut.
|
22
| ||
3
|
Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan
kisah tokoh orangorang
tercela dalam
kehidupan nabi
|
Menceritakan kisah perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
Disajikan cuplikan kisah Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat menyebutkan orang yang membimbing Nabi Muhammad
SAW.
|
23
|
Disajikan cuplikan kisah Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat memilih nama salah seorang keluarga Nabi Muhammad SAW
|
24
| |||
Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
|
Disajikan kisah Nabi Ibrahim AS, peserta didik dapat menentukan hikmah yang berhubungan dengan sikap sosial.
|
25
| ||
Menceritakan kisah Nabi Nuh AS.
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan kejadian pada masa Nabi Nuh AS
|
26
| ||
Menceritakan kisah Nabi Musa AS.
|
Disajikan beberapa kisah, peserta didik dapat menentukan kejadian pada masa nabi Musa AS
|
27
| ||
Menceritakan kisah khalifah Umar bin Khatab
|
Disajikan kisah khalifah Umar bin Khatab RA , peserta didik dapat menentukan sifat terpuji
|
28
| ||
Menceritakan perilaku
Abu Lahab dan Abu Jahal
|
Disajikan narasi, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW
|
29
| ||
Menceritakan perjuangan
kaum Muhajirin dan
kaum Anshar
|
Disajikan cerita, peserta didik dapat menyimpulkan perjuangan kaum muhajirin dan anshar yang berkaitan karakter sosial
|
30
| ||
4
|
Berperilaku terpuji
dalam kehidupan
sehari-hari serta
menghindari perilaku
tercela
|
Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
Disajikan kisah nabi Muhammad SAW pada masa kanak-kanak, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji
|
31
|
Meneladani perilaku
kegigihan perjuangan
kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
Disajikan narasi tentang kegigihan
perjuangan kaum Muhajirin, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji
|
32
| ||
Meneladani perilaku
tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik.
|
Disajikan narasi tentang perilaku kaum Anshar, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji
|
33
| ||
Menghindari perilaku
dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
|
Disajikan narasi tentang kehidupan seharihari, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku dengki
|
34
| ||
Menghindari perilaku
bohong seperti Musailamah Al Kadzab
|
Disajikan kasus dalam kehidupan seharihari, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku bohong
|
35
| ||
Meneladani perilaku
taubatnya Nabi Adam AS
|
Disajikan sebuah kasus tentang perilaku perbuatan taubat sesesorang, peserta didik dapat menentukan sikap taubat yang revelan dengan perilaku tersebut.
|
36
| ||
Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
|
Disajikan cerita tentang perilaku kehidupan Nabi Ibrahim AS, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji yang sesuai dengan cerita tersebut
|
37
| ||
Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
|
Disajikan cerita tentang ketabahan Nabi Ayyub AS, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang dapat diteladani
|
38
| ||
5
|
Mengenal dan
melaksanakan rukun
Islam mulai dari
bersuci (thaharah)
sampai zakat serta
mengetahui tata cara
pelaksanaan ibadah
haji
|
Menyebutkan rukun salat
|
Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik dapat menunjukkan rukun shalat
|
39
|
Membaca do ’a setelah salat
|
Disajikan lafadz doa setelah salat yang belum lengkap,peserta didik dapat melengkapi.
|
40
| ||
Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
|
Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik dapat mengindentifikasi syarat wajib shalat.
|
41
| ||
Menyebutkan ketentuanketentuan
puasa Ramadan
|
Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat mengidentifikasi rukun puasa.
|
42
| ||
Menyebutkan hikmah
Puasa
|
Disajikan melalui narasi tentang puasa, peserta didik dapat menentukan salah satu hikmah puasa
|
43
| ||
Melafalkan lafal adzan dan iqomah
|
Disajikan salah salah satu lafal iqomah, peserta didik dapat mengartikannya
|
44
| ||
Disajikan lafal adzan yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapinya
|
45
| |||
Melaksanakan tarawih
dibulan Ramadhan
|
Disajikan narasi tentang shalat tarawih, peserta didik dapat menentukan waktu melaksanakan shalat tarawih
|
46
| ||
Disajikan nama-nama salat sunah,peserta didik dapat menetukan nama salat pada malam bulan Ramadhan
|
47
| |||
Menyebutkan macam-macam zakat
|
Disajikan narasi tentang seseorang yang mempunyai kekayaan yang banyak, peserta didik dapat menentukan macam-macamm
zakat yang harus dibayarkan
|
48
| ||
Menyebutkan ketentuan zakat
|
Disajikan narasi tentang satu keluarga yang mempunyai beberapa anggota, peserta didik dapat menentukan jumlah zakat yang harus dibayarkan
|
49
| ||
Disajikan narasi tentang seseorang yang mempunyai emas, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan zakatnya
|
50
|
0 comments:
Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar
Post a Comment