Pages

Sunday 25 March 2012

Perubahan Wujud Benda


Bagikan :




P
erubahan wujud benda terjadi karena proses pemanasan dan pendinginan. Perubahan wujud itu dibagi menjadi beberapa macam.




1.       Membeku dan Mencair
Membeku merupakan proses perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Peristiwa ini disebabkan oleh proses pendinginan. Contoh membeku terjadi pada : air yang dimasukkan ke kulkas lama-lama akan berubah menjadi es, gula merah yang terbuat dari nira kelapa yang dimasak, dan agar-agar yang dibiarkan lama kelamaan akan mengeras.  Sementara itu, mencair merupakan proses perubahan wujud benda dari padat menjadi cair. Peristiwa ini disebabkan oleh proses pemanasan. Contoh peristiwa mencair terjadi pada : mentega yang dipanaskan, es yang dibiarkan di udara terbuka, dan gula pasir yang dipanaskan.
2.      Menguap dan Mengembun
Menguap merupakan peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas. Peristiwa ini disebabkan oleh pemanasan. Contoh peristiwa menguap : bensin dibiarkan di udara terbuka, minyak kayu putih dibiarkan terbuka, dan baju basah yang dijemur lama-kelamaan akan mengering. Sementara itu, mengembun merupakan peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair. Peristiwa ini disebabkan oleh pendinginan. Contoh pengembunan : titik air embun di pagi hari, butiran air yang terbentuk di dinding gelas yang beris es.
Ketika dipanaskan hingga mendidih, air akan berubah wujud menjadi gas. Peristiwa perubahan wujud dari benda cair menjadi gas atau uap ini disebut menguap. Selanjutnya, ketika uap air mengenai tutup gelas dan kemudian didinginkan, lama-kelamaan akan terbentuk titik air. Peristiwa tersebut merupakan salah satu contoh peristiwa mengembun.
3.      Melenyap dan Menyublim
Melenyap merupakan peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Peristiwa ini disebabkan oleh pemanasan. Peristiwa melenyap dapat dibuktikan menggunakan kamper. Kamper banyak digunakan sebagai pengharum ruangan dan lemari pakaian. Kamper sering juga digantungkan di kamar mandi dan WC. Kamper ini untuk menghilangkan bau tidak sedap. Bahkan, dalam lemari es pun sering dipasang kamper khusus untuk menghilangkan bau tidak sedap.  Kamper merupakan benda padat yang tergolong unik. Kamper yang berada di udara terbuka akan segera berubah menjadi gas. Peristiwa ini disebut melenyap. Gas kamper inilah yang mengakibatkan ruangan sekitar berbau harum. Contoh peristiwa melenyap yang lain adalah pembuatan es kering dari karbondioksida.
Perubahan wujud dari benda gas menjadi benda padat disebut menyublim. Peristiwa ini ditunjukkan dalam pembentukan salju. Pada saat udara panas, air dari daratan akan menguap ke angkasa menjadi uap air. Ketika di angkasa telah dipenuhi dengan uap air dan suhu udara dingin, maka uap air tersebut akhirnya berubah wujud menjadi salju. Salju kemudian turun kembali ke daratan.

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Sunday, March 25, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment