Pages

Tuesday 6 March 2012

Kisi-Kisi Penulisan Soal Ujian Sekolah Mapel IPS


Bagikan :






KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

                                      Jenis Sekolah         : Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah
                                      Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial
                                      Alokasi Waktu      : 90 menit
                                      Jumlah Soal           : 50 butir
                                      Bentuk Soal           : Pilihan Ganda


No
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diukur


Indikator
No Soal
1
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
Membaca peta lingkungan setempat (Kabupaten/Kota/ dengan menggunakan simbol.
Disajikan beberapa legenda pada gambar peta, peserta didik dapat menentukan  satu simbol danau, pelabuhan, atau bandara

1
Mengenal keragaman sosial budaya (Kabupaten/Kota/ Provinsi)
Disajikan gambar senjata tradisional, rumah adat, peserta didik dapat menyebutkan gambar tersebut
2
Menghargai peninggalan sejarah lingkungan setempat dan menjaga kelestarianya.
Disajikan beberapa pernyataan perilaku menjaga kelestarian peninggalan sejarah, peserta didik dapat menentukan sikap dengan tepat

3
 2
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi
di lingkungan kabupaten/ kota dan
 provinsi.
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain didaerahnya.
Disajikan gambar sumber daya alam, peserta didik dapat menyebutkan sumber daya alam tersebut.

4
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu  hasil olahan dari bahan baku sumber daya alam bahan ( jeruk, belimbing, kelengkeng, dan nanas )

5
Mengenal teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman penggunaanya
Disajikan beberapa gambar alat transportasi
 peserta didik dapat menentukan kegunaanya dengan tepat.

6
Mengenal berbagai masalah sosial di daerahnya.
Peserta didik dapat menyebutkan pencemaran limbah. 

7
 3
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman
suku bangsa serta kegiatan ekonomi
di Indonesia.
Mengenal peninggalan sejarah berskala, nasional (Hindhu,
Budha, dan Islam) di Indonesia
Disajikan gambar peninggalan bersejarah Hindhu/Budha,Islam  peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh pembuat peninggalan  setempat.

8
Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindhu,Budha, dan Islam di Indonesia.
Disajikan tabel nama raja-raja di Indonesia peserta didik dapat menentukan masa kejayaan raja tersebut
9
Mengenal keragaman kenampakan alam dan bauatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta.
Disajikan gambar peta Indonesia yang diberi nomor/abjad, peserta didik dapat menentukan pulau yang memiliki dua wilayah pembagian waktu

10
Menghargai  keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

Disajikan tabel, nama suku bangsa di Indonesia  peserta didik dapat
menentukan daerah asal suku tersebut.
11
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis usaha dibidang pertambangan.

12
4
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia.
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda, dan Jepang.
Disajikan tabel nama tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang, peserta didik dapat
menyebutkan nama tokoh tersebut.
13
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu penyebab berdirinya organisasi dagang Belanda (VOC )
14
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia.
Disajikan tabel nama tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan asal daerah pejuang tersebut tersebut.
15
Disajikan tabel pernyataan peranan para tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran tokoh tersebut dengan tepat
16
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklama-
sikan kemerdekaan Indonesia.
Disajikan gambar tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran tokoh pejuang  kemerdekaan tersebut pada masa itu.
17

Disajikan tabel peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia, siswa dapat menyebutkan nama tokoh dengan tepat
18
Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan
Kemerdekaan.





Disajikan beberapa peristiwa mempertahankan kemerdekaan Indonesia , peserta didik dapat menyebutkan tempat peristiwa tersebut dengan tepat.
19
Disajikan  gambar peristiwa mempertahan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat
menyebutkan tempat peristiwa itu terjadi tersebut dengan tepat.
20
5
Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara
di Asia Tenggara serta benua-benua.

Memahami perkembangan sistem  administrasi wilayah
Indonesia.
Disajikan peta buta pemekaran wilayah provinsi di Indonesia,   peserta didik dapat menyebutkan nama provinsi pemekaran
dengan tepat.
21
Peserta didik dapat menyebutkan latar belakang satu daerah yang dijadikan daerah khusus/istimewa
22
Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga.
Disajikan tabel negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh salah satu negara tersebut.
23
Disajikan beberapa objek wisata di ASEAN,   peserta didik dapat menyebutkan obyek wisata yang terkenal di negara tersebut.
24
Disebutkan nama mata uang salah satu negara di ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan nama kepala negara tersebut saat ini.
25
Disajikan ikon salah satu negara di ASEAN,  peserta didik dapat menyebutkan nama mata uang negara tersebut.
26
Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang dapat menyebabkan renggangya hubungan antar negara ASEAN.
27
Peserta didik dapat menyebutkan bentuk pemerintahan salah satu negara ASEAN.
28
Mengidentifikasi Benua Asia

Disajikan peta Asia Timur, peserta didik dapat menyebutkan bentuk pemerintahan negara  tersebut.
29
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu negara Asia Selatan yang berbentuk kepulauan
30
Mengidentifikasi Benua Eropa

Peserta didik dapat menyebutkan salah satu keajaiban dunia yang terdapat di Eropa Selatan
31
Peserta didik dapat menyebutkanhasil tanaman pertanian salah satu negara negarai Eropa Barat
32
Mengidentifikasi Benua Afrika

Peserta didik dapat menyebutkan sumber mata air yang ada dipadang pasir.
33
Disajikan peta Mesir, peserta didik dapat menyebutkan terusan yang menghubungkan laut Merah dan Laut Tengah.
34
Mengidentifikasi Benua Amerika
Disajikan beberapa gambar
Disajikan tabel batas wilayah negara Amerika Serikat, peserta didik dapat menyebutkan batas wilayah tersebut
35
Disajikan peta buta Amerika Selatan, peserta didik dapat menyebutkan nama sungai terpanjang di negara Amerika Selatan tersebut
36
Mengidentifikasi Benua Australia

 Peserta didik dapat menyebutkan terumbu karang terbesar di negara tersebut
37
6
Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga,
serta dapat melakukan tindakan dalam
menghadapi bencana alam
Mengidentifikasi peritiwa alam di Indonesia dan negara tetangga

Disajikan tabel negara-negara yang sering dilanda gempa/tsunami, peserta didik dapat menentukan negara-negara tersebut
38
Disajikan pernyataan cara mengantisipasi bencana alam peserta didik dapat menentukan pilihan bantuan dengan tepat
39
Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan gempa tektonik dan gempa vulkanik
40
Peserta didik dapat menyebutkan  salah satu akibat pemanasan global (global warming)
41
Disajikan jenis hujan orografis dan zenital peserta didik dapat menjelaskan pengertiannya
42
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu dampak dari kebakaran hutan bagi kesehatan, penerbangan, lalu lintas darat, udara, dan laut
43
Disajikan beberapa pernyataan penyebab tanah longsor, peserta didik dapat menyebutkan penyebab tersebut dengan tepat
44
7
Memahami peranan Indonesia di era global
Menjelaskan peranan Indonesia di era global
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu pengertian kerjasama bilateral, multilateral, dan regional
45
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian AFTA dan AFLA
46
Peserta didik dapat menyebutkan keuntungan atau kerugian pengaruh globalisasi di bidang iptek
47
Disajikan beberapa latar belakang perusahaan asing menanamkan modal di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan alasan dengan tepat
48
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai
kegiatan ekonomi antar bangsa
Disajikan beberapa manfaat export, peserta didik dapat menentukan manfaat export dengan tepat
49
Disajikan beberapa barang import, peserta didik dapat menentukan  barang impor dengan tepat.
50

Ditulis oleh:ghany maulana
Media Belajar Diperbarui pada: Tuesday, March 06, 2012

0 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar

Post a Comment