No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan yang Diukur
|
Indikator
|
No Soal
|
1
|
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
|
Membaca peta lingkungan setempat (Kabupaten/Kota/ dengan menggunakan simbol.
|
Disajikan beberapa legenda pada gambar peta, peserta didik dapat menentukan satu simbol danau, pelabuhan, atau bandara
|
1
|
Mengenal keragaman sosial budaya (Kabupaten/Kota/ Provinsi)
|
Disajikan gambar senjata tradisional, rumah adat, peserta didik dapat menyebutkan gambar tersebut
|
2
|
Menghargai peninggalan sejarah lingkungan setempat dan menjaga kelestarianya.
|
Disajikan beberapa pernyataan perilaku menjaga kelestarian peninggalan sejarah, peserta didik dapat menentukan sikap dengan tepat
|
3
|
2
|
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi
di lingkungan kabupaten/ kota dan
provinsi.
|
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain didaerahnya.
|
Disajikan gambar sumber daya alam, peserta didik dapat menyebutkan sumber daya alam tersebut.
|
4
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu hasil olahan dari bahan baku sumber daya alam bahan ( jeruk, belimbing, kelengkeng, dan nanas )
|
5
|
Mengenal teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman penggunaanya
|
Disajikan beberapa gambar alat transportasi
peserta didik dapat menentukan kegunaanya dengan tepat.
|
6
|
Mengenal berbagai masalah sosial di daerahnya.
|
Peserta didik dapat menyebutkan pencemaran limbah.
|
7
|
3
|
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman
suku bangsa serta kegiatan ekonomi
di Indonesia.
|
Mengenal peninggalan sejarah berskala, nasional (Hindhu,
Budha, dan Islam) di Indonesia
|
Disajikan gambar peninggalan bersejarah Hindhu/Budha,Islam peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh pembuat peninggalan setempat.
|
8
|
Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindhu,Budha, dan Islam di Indonesia.
|
Disajikan tabel nama raja-raja di Indonesia peserta didik dapat menentukan masa kejayaan raja tersebut
|
9
|
Mengenal keragaman kenampakan alam dan bauatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta.
|
Disajikan gambar peta Indonesia yang diberi nomor/abjad, peserta didik dapat menentukan pulau yang memiliki dua wilayah pembagian waktu
|
10
|
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
|
Disajikan tabel, nama suku bangsa di Indonesia peserta didik dapat
menentukan daerah asal suku tersebut.
|
11
|
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
|
Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis usaha dibidang pertambangan.
|
12
|
4
|
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia.
|
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda, dan Jepang.
|
Disajikan tabel nama tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang, peserta didik dapat
menyebutkan nama tokoh tersebut.
|
13
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu penyebab berdirinya organisasi dagang Belanda (VOC )
|
14
|
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia.
|
Disajikan tabel nama tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan asal daerah pejuang tersebut tersebut.
|
15
|
Disajikan tabel pernyataan peranan para tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran tokoh tersebut dengan tepat
|
16
|
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklama-
sikan kemerdekaan Indonesia.
|
Disajikan gambar tokoh pejuang dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran tokoh pejuang kemerdekaan tersebut pada masa itu.
|
17
|
Disajikan tabel peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia, siswa dapat menyebutkan nama tokoh dengan tepat
|
18
|
Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan
Kemerdekaan.
|
Disajikan beberapa peristiwa mempertahankan kemerdekaan Indonesia , peserta didik dapat menyebutkan tempat peristiwa tersebut dengan tepat.
|
19
|
Disajikan gambar peristiwa mempertahan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat
menyebutkan tempat peristiwa itu terjadi tersebut dengan tepat.
|
20
|
5
|
Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara
di Asia Tenggara serta benua-benua.
|
Memahami perkembangan sistem administrasi wilayah
Indonesia.
|
Disajikan peta buta pemekaran wilayah provinsi di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan nama provinsi pemekaran
dengan tepat.
|
21
|
Peserta didik dapat menyebutkan latar belakang satu daerah yang dijadikan daerah khusus/istimewa
|
22
|
Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga.
|
Disajikan tabel negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh salah satu negara tersebut.
|
23
|
Disajikan beberapa objek wisata di ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan obyek wisata yang terkenal di negara tersebut.
|
24
|
Disebutkan nama mata uang salah satu negara di ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan nama kepala negara tersebut saat ini.
|
25
|
Disajikan ikon salah satu negara di ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan nama mata uang negara tersebut.
|
26
|
Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang dapat menyebabkan renggangya hubungan antar negara ASEAN.
|
27
|
Peserta didik dapat menyebutkan bentuk pemerintahan salah satu negara ASEAN.
|
28
|
Mengidentifikasi Benua Asia
|
Disajikan peta Asia Timur, peserta didik dapat menyebutkan bentuk pemerintahan negara tersebut.
|
29
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu negara Asia Selatan yang berbentuk kepulauan
|
30
|
Mengidentifikasi Benua Eropa
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu keajaiban dunia yang terdapat di Eropa Selatan
|
31
|
Peserta didik dapat menyebutkanhasil tanaman pertanian salah satu negara negarai Eropa Barat
|
32
|
Mengidentifikasi Benua Afrika
|
Peserta didik dapat menyebutkan sumber mata air yang ada dipadang pasir.
|
33
|
Disajikan peta Mesir, peserta didik dapat menyebutkan terusan yang menghubungkan laut Merah dan Laut Tengah.
|
34
|
Mengidentifikasi Benua Amerika
Disajikan beberapa gambar
|
Disajikan tabel batas wilayah negara Amerika Serikat, peserta didik dapat menyebutkan batas wilayah tersebut
|
35
|
Disajikan peta buta Amerika Selatan, peserta didik dapat menyebutkan nama sungai terpanjang di negara Amerika Selatan tersebut
|
36
|
Mengidentifikasi Benua Australia
|
Peserta didik dapat menyebutkan terumbu karang terbesar di negara tersebut
|
37
|
6
|
Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga,
serta dapat melakukan tindakan dalam
menghadapi bencana alam
|
Mengidentifikasi peritiwa alam di Indonesia dan negara tetangga
|
Disajikan tabel negara-negara yang sering dilanda gempa/tsunami, peserta didik dapat menentukan negara-negara tersebut
|
38
|
Disajikan pernyataan cara mengantisipasi bencana alam peserta didik dapat menentukan pilihan bantuan dengan tepat
|
39
|
Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan gempa tektonik dan gempa vulkanik
|
40
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akibat pemanasan global (global warming)
|
41
|
Disajikan jenis hujan orografis dan zenital peserta didik dapat menjelaskan pengertiannya
|
42
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu dampak dari kebakaran hutan bagi kesehatan, penerbangan, lalu lintas darat, udara, dan laut
|
43
|
Disajikan beberapa pernyataan penyebab tanah longsor, peserta didik dapat menyebutkan penyebab tersebut dengan tepat
|
44
|
7
|
Memahami peranan Indonesia di era global
|
Menjelaskan peranan Indonesia di era global
|
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu pengertian kerjasama bilateral, multilateral, dan regional
|
45
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian AFTA dan AFLA
|
46
|
Peserta didik dapat menyebutkan keuntungan atau kerugian pengaruh globalisasi di bidang iptek
|
47
|
Disajikan beberapa latar belakang perusahaan asing menanamkan modal di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan alasan dengan tepat
|
48
|
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai
kegiatan ekonomi antar bangsa
|
Disajikan beberapa manfaat export, peserta didik dapat menentukan manfaat export dengan tepat
|
49
|
Disajikan beberapa barang import, peserta didik dapat menentukan barang impor dengan tepat.
|
50
|
0 comments:
Terima kasih atas kunjungan anda. Media Belajar
Post a Comment